Dads, Inilah Cara Membaca Arti dari Ekspresi Si Kecil yang Masih Bayi

Merries Insight
27 Juli 2016
Kesehatan
Share
Dads, Inilah Cara Membaca Arti dari Ekspresi Si Kecil yang Masih Bayi

Berkomunikasi dengan si Kecil yang masih bayi jadi tantangan tersendiri bagi orangtua, termasuk Dads. Sebab si Kecil masih belum memahami kata-kata dan keterbatasan tadi membuatnya mengekspresikan apa yang dia rasakan lewat berbagai cara. Di sisi lain, Dads dibuat bingung karena terbiasa memakai kata-kata dalam berkomunikasi. Namun, Dads tidak perlu khawatir, karena si Kecil menggunakan pola-pola tertentu dalam mengungkapkan sesuatu.

Lapar / Ingin Makan

Ada beberapa ekspresi yang diperlihatkan si Kecil saat dia mau makan atau lapar. Jika dia tampak ingin menjulurkan lidah, itu artinya dia sedang memikirkan makanan. Ketika si Kecil makin kuat menatap Dads dan mendorong bibirnya ke arah depan dengan lidah terjulur ke luar dan dalam, bisa dipastikan dia amat lapar dan mau makan. Dads juga jangan mengabaikan si Kecil yang mendekatkan tangan ke bibir atau mulutnya yang terbuka lebar.

Minta Dipeluk

Si Kecil juga punya isyarat khusus untuk mendapatkan perhatian Dads. Misalnya kalau ingin minta satu pelukan, si Kecil lantas akan memasang ekspresi wajah memelas. Dads lantas jangan mengabaikannya, karena si Kecil akan menangis kalau dia tidak segera dipeluk. Selain itu, ekspresi tersebut pun akan si Kecil tunjukkan kalau dia sudah sangat mengantuk. Sementara ekspresi mata berat dan bibir penuh jadi tanda kalau dia menginginkan pelukan hangat dari Dads.

Diapers yang Basah

Salah satu hal merepotkan bagi orangtua adalah mengganti diapers si Kecil yang basah. Sebab masih ada yang belum tahu kapan dan tanda harus melakukan penggantian diapers tersebut. Nah, Dads tidak usah khawatir karena sebenarnya si Kecil kerap memberi tanda kalau diapers yang dia pakai basah dan perlu diganti. Umumnya dia akan meruncingkan lidah dan bibirnya, karena sudah merasa tidak nyaman dengan diapers yang dia kenakan.

Mengajak Dads Main

Si Kecil pun tak segan menunjukkan ekspresi untuk mengajak bermain, Dads. Mereka akan memasang senyum nakal dengan sorot mata yang berbinar-binar. Dads tentu akan senang melihatnya, tapi jangan lupa pula untuk menyiapkan mainan buat si Kecil. Kemudian, si Kecil pun terus menunjukkan ekspresi senang karena badannya bersih dan sudah puas beristirahat, sehingga dia juga siap diajak main dengan Dads di rumah.

Ucapan Terima Kasih

Kendati masih bayi, si Kecil ternyata sudah tahu cara mengungkapkan terima kasih, lho. Terutama kalau Dads sudah mengurusnya seharian dan sabar meladeni setiap permintaan yang dia inginkan. Si Kecil akan mengguratkan ekspresi puas di wajahnya dan memberikan tatapan lembut kepada Dads. Lantas dia pun mengembangkan senyum yang seolah-olah mengatakan terima kasih kepada Dads. Dads juga akan senang melihatnya.