Cara untuk Tahu Apakah Tubuh Moms Siap Hamil Lagi

Merries Insight
08 Juli 2016
Umum
Share
Cara untuk Tahu Apakah Tubuh Moms Siap Hamil Lagi

Bagi setiap wanita, hamil selama 9 bulan tentu menjadi pengalaman yang sangat menakjubkan. Tetapi perlu diakui juga bahwa hal ini sangat berat untuk dilalui oleh tubuh Moms. Jadi sebelum Moms memutuskan untuk memberikan adik pada si kecil, taka da salahnya bila Moms memeriksa lebih dulu apakah tubuh sudah siap hamil lagi.

Moms harus yakin bahwa tubuh sudah bekerja dengan efisien dan fit sebelum berencana untuk hamil berikutnya. Dengan demikian, Moms dapat menjalani kehamilan yang lebih mudah dan sehat. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dipahami sebelum memutuskan untuk hamil lagi.

Tubuh Perlu Waktu Untuk Pulih Sempurna

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh memerlukan waktu setidaknya 18 bulan untuk normal kembali setelah melahirkan. Sedangkan data melaporkan lebih dari 173.000 bayi memiliki resiko tinggi mengalami kelahiran premature atau mempunyai berat lahir rendah dibuahi saat 6 bulan atau kurang setelah melahirkan anak pertama.

Jika Moms melahirkan secara normal, setidaknya tunggu sampai 1 tahun sebelum hamil lagi. Bila Moms melahirkan melalui proses operasi Caesar, ini berarti tubuh Moms perlu waktu 2 tahun untuk pemulihan tubuh dan hamil lagi.

Tunggu Hormon Normal Kembali

Sama seperti tubuh, hormon pun memerlukan waktu untuk stabil kembali setelah melahirkan. Beberapa ibu mengalami haid sebulan setelah melahirkan. Sementara itu ibu lainnya baru mengalami haid setelah 6 bulan melahirkan atau bahkan lebih. Namun perlu waktu hingga 1 tahun supaya hormon kembali normal.

Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Pilihlah asupan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein yang tidak berlemak. Menurut penelitian, mengganti protein hewani dengan sayur seperti kacang polong dan kacang kedelai akan meningkatkan kesuburan Moms. Bila Moms mengkonsumsi vitamin prenatal, calon bayi Moms akan memperoleh nutrisi yang cukup pada minggu – minggu awal perkembangannya.

Selain itu mengkonsumsi makanan sehat juga akan membantu Moms untuk lebih mudah kembali ke berat badan semula yaitu saat sebelum hamil. Memang ini tidak mudah. Namun jangan sampai Moms kehilangan motivasi ketika melihat para selebriti yang berhasil kurus kembali dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan.

Ingat, mereka menggunakan jasa personal trainer, nanny, dan asisten rumah tangga untuk membantu menyiapkan makanan sehat mereka. Perlu diketahui juga bahwa berat badan yang berlebih juga dapat berpengaruh terhadap kemungkinan Moms untuk hamil lagi. Jika mengalami kelebihan berat badan, biasanya akan terjadi banyak komplikasi kehamilan.

Jadi, intinya adalah Moms perlu memberi waktu bagi tubuh untuk pulih sepenuhnya. Tujuannya adalah supaya Moms merasa lebih nyaman baik secara fisik maupun psikis. Lelah dan letih merupakan faktor postnatal depression. Maka, mulailah kehamilan di saat yang tepat sehingga Moms tidak akan menderita saat menjalaninya.