Cara Seru Kenalkan Cinta Tanah Air Pada Si Kecil

Merries Insight
02 September 2016
Umum
Share
Cara Seru Kenalkan Cinta Tanah Air Pada Si Kecil

Moms bisa lho mengajarkan rasa cinta air pada si kecil! Bahkan Moms hanya memerlukan barang – barang yang sederhana dan melakukan kegiatan yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari – hari. Namun siapkan bekal pengetahuan Moms lebih dulu supaya dapat menjawab setiap pertanyaan si kecil dengan mantap.

Uang

Tak masalah jika Moms sesekali mengeluarkan pecahan uang dan memperkenalkan pada si kecil bahwa Rupiah adalah alat tukar resmi di Indonesia. Moms dapat memperlihatkan gambar – gambar pahlawan yang terdapat di dalam pecahan uang tersebut misalnya gambar wajah Presiden Indonesia pertama pada pecahan uang lembaran Rp 100.000,00.

Bendera Merah Putih

Kenalkan pada si kecil warna bendera negara kita. “Indonesia benderanya berwarna merah dan putih. Merah artinya berani dan putih artinya suci. Sebagai orang Indonesia, kita juga harus berani dan suci atau baik hati!” Ini merupakan filosofi sederhana tetapi bermakna untuk si kecil. Katakan hal itu saat Moms memasang bendera di bulan Agustus bersama si kecil.

Destinasi Wisata

Kadang anak akan lebih mudah mengenal sesuatu jika ia melihat dan mengunjunginya secara langsung. “Adik, kita sekarang sedang berlibur di Lombok. Pulau ini juga berada di Indonesia, sama seperti kota tempat tinggal kita. Lihat pantainya cantik kan? Negara kita memang memiliki banyak tempat yang cantik!” Katakan hal itu saat Moms berlibur bersama si kecil. Siap-siap saja ia mengajak Moms untuk mengunjungi wilayah lain di Indonesia.

Lagu

Memperkenalkan Indonesia kepada anak juga dapat dilakukan melalui lagu. Dengan menyanyikan lagu anak Indonesia misalnya Hati Gembira dari karya Ibu Sud, Indonesia Raya yang merupakan lagu kebangsaan, atau bisa juga mengajaknya menyanyi lagu daerah misalnya Gundul Gundul Pacul dari Yogyakarta. Jangan lupa untuk mengartikan syairnya pada si kecil. Bila perlu bernyanyilah sambil memperagakan gerakan sehingga anak lebih bersemangat.

Dongeng

Dongeng untuk pengantar tidur tidak harus selalu dongeng fiksi tentang putri dan pangeran tampan. Ceritakan dongeng anak Indonesia pada si kecil, contohnya Si Kancil yang Cerdik atau bahkan cerita rakyat. Pada akhir cerita sampaikan bahwa kancil atau tempat yang diceritakan itu ada di Indonesia.

Makanan

Moms dapat menceritakan Indonesia saat mencicipi aneka kuliner nusantara. Jika berkesempatan mencicipi pempek, jelaskan pada si kecil bahwa ini adalah makanan khas dari Palembang, Sumatera Selatan. Ceritakan pula saat Moms dan si kecil menyantap dodol Garut, Bakpia, Rawon, Papeda, dll.

Mainan

Walaupun si kecil sudah punya banyak mainan, jangan lupa untuk memperkenalkannya dengan mainan tradisional misalnya mobil – mobilan yang terbuat dari kulit jeruk Bali, congklak, gasing, dll. Ajarkan ia pelan – pelan bagaimana cara bermainnya dan katakan padanya bahwa semua anak Indonesia harus kenal dengan gasing.