Cara Mudah Mengganti Popok Bayi Tanpa Drama

Merries Insight
05 Agustus 2020
Umum
Share
Cara Mudah Mengganti Popok Bayi Tanpa Drama

Mengganti popok kadang kala harus dilewati dengan drama karena Si Kecil belum memahami bahwa popoknya basah dan harus segera diganti. Jika terlalu lama dibiarkan, besar kemungkinan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan gatal pada kulit Si Kecil, hingga bisa menyebabkan ruam. Oleh karena itu perlu untuk Moms ketahui cara mengganti popok bayi yang menyenangkan untuk Si Kecil. 

Ada dua jenis popok yang saat ini banyak beredar di masyarakat. Ada jenis tape atau perekat dan jenis pants atau celana. Kedua jenis popok tersebut terbagi atas usia dan berat Si Kecil.

Ketika Si Kecil masih dalam fase newborn hingga 5 bulan, popok yang sebaiknya digunakan adalah popok bayi berjenis perekat. Biasanya perekat tersebut ada di bagian kanan dan kiri popok. Hal itu dimaksudkan untuk mempermudah cara mengganti popok bayi ketika popok yang digunakan penuh ataupun basah sembari Si Kecil berbaring. Tipe perekat juga membantu Moms menyesuaikan lingkar popok sesuai ukurang pinggang bayi. Ketika mengganti, pastikan sisi kanan dan kiri popok telah direkatkan dengan rata, tidak lebih kencang di satu sisi, hal ini dapat membuat bayi risih dan tidak nyaman.

Namun kadang kala, perihal mengganti popok harus berujung drama, karena Si Kecil mungkin saja sedang asyik melakukan sesuatu namun kemudian diusik dengan membuka popoknya.

Popok Tape/Perekat

Nah berikut merupakan cara mengganti popok bayi dengan jenis popok tape untuk bayi newborn. Moms bisa mengikuti langkah-langkahnya agar Si Kecil tetap tenang.

1. Siapkan popok baru

Untuk bayi newborn, Moms bisa mempercayakan kelembutan dan juga keamanan popok kepada popok Merries.bahannya yang lembut dan juga memiliki lapisan tambahan di sebelah kanan dan kiri membuatnya menjadi popok sekali pakai yang bebas bocor.

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan popok baru. Kemudian buka popok dan tegakkan gather ke arah luar untuk menghindari kebocoran.Setelah itu, Moms bisa meletakkan popok baru dibawah popok lama hingga pada posisi pusar Si Kecil.

2. Buka popok lama 

Popok lama yang terkena kotoran bisa langsung dibuka Moms begitu langkah pertama sudah dilakukan. Nah biasanya, Si Kecil sering pipis ataupun Bab ketika popoknya sedang diganti. Moms jangan panik ya.

Tetap tenang dan ajak Si Kecil untuk berbicara sambil bermain, sibukkan perhatiannya sambil Moms terus membuka popok lamanya.

3. Bersihkan kotoran pada kulit Si Kecil

Cara mengganti popok bayi berikutnya adalah dengan mengangkat kedua kaki Si Kecil sambil bersihkan kotoran yang ada di area pantat Si Kecil. Jangan juga lupa untuk membersihkan bagian lipatan-lipatan pada tubuh bayi.

Angkat kedua kakinya secara perlahan ya Moms, kemudian bersihkan juga pipisnya. Jangan sampai ada kotoran yang tersisa dan menempel di kulit Si Kecil. Karena hal tersebut akan menimbulkan gatal dan iritasi pada kulit halusnya.

4. Tarik popok bekas yang sudah kotor

Saat kulit Si Kecil dan area pantatnya sudah dipastikan bersih dan kering, angkat pantat bayi dengan perlahan dan tarik popok lamanya.

5. Pasang popok baru

Setelah itu pasang popok baru dengan merapikan samping popok dengan jari-jari Moms. Pastikan posisi gathers sudah tegak ketika Moms memasang perekat popok. Setelah itu, pasang perekat pada posisi yang nyaman di sekitar pinggang. JIka bayi Moms adalah laki-laki, pastikan penisnya mengarah ke bawah ya Moms. 

Sambil memegang bagian samping popok, kencangkan perekat tersebut. Pastikan kedua sisinya sama rata dan juga seimbang. Popok tipe perekat dari Merries bisa membantu Moms memastikan hal ini, karena popok Merries memiliki nomor pada bagian perekat untuk menjelaskan jarak rekatan yang Moms pasang. Hal ini memudahkan Moms memastikan kedua sisi dikencangkan dengan rata, yaitu jika perekat sisi kiri dan kanan telah memiliki nomor yang sama.

6. Rapikan bagian karet pelindung kaki

Cara mengganti popok bayi berikutnya adalah dengan mengecek seluruh bagian popok,mulai dari bagian paha hingga selangkangan. Pastikan tidak ada yang terlipat ke dalam ya Moms, sehingga risiko terjadinya bocor juga hilang.

Untuk mendapatkan popok bayi terbaik, Moms bisa mempercayakannya pada popok Merries. Teknologi yang ada didalamnya mampu membuat Si Kecil nyaman dan juga aman Apalagi, dalam popok Merries terdapat terowongan udara yang mampu menjaga sirkulasi udara di dalam popok berjalan baik dan tidak lembab.

(Baca juga: Kiat Hemat Beli Popok Bayi, Manfaatkan Program Promo!)

Popok Pants / Celana

Dalam cara mengganti popok bayi berjenis celana tidak berbeda jauh dengan proses mengganti popok dengan jenis tape.Hanya saja, popok celana biasanya digunakan untuk Si Kecil yang sudah berusia 6 bulan ke atas. 

Bentuknya disesuaikan dengan tingkat gerak Si Kecil yang biasanya sudah mulai berguling, menendang dan merangkak. Sehingga aktivitasnya tidak terganggu oleh jenis popok yang digunakan.

Nah langkah pertama dalam cara mengganti popok bayi adalah 

1. Siapkan popok baru

Pastikan Moms menaruh bagian yang bertuliskan front di depan dan di bagian belakangnya, Moms akan melihat tape berwarna biru yang berfungsi untuk membuang popok ketika kotor. 

2. Lepaskan popok yang sudah kotor

Untuk melepas popok celana, Moms bisa merobek bagian sampingnya ya. Selain itu, Moms juga bisa langsung menurunkannya ke bawah. Jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit si Kecil. Lap dengan tisu basah ataupun dengan kain hangat. Setelah itu keringkan wilayah sekitar pantat Si Kecil. Hindari membersihkan dari arah belakang ke depan, karena hal ini bisa meningkatkan risiko masuknya kuman/bakteri lewat alat kelamin Si Kecil.

3. Pakai popok baru

Setelah bersih di seluruh area pantat dan juga lipatan tubuh lainnya, Moms tinggal masukkan popok celana baru. Cara mengganti popok bayi adalah dengan memasukkan kedua tangan ke lubang kaki popok, lalu masukkan kaki Si Kecil melalui lubang tersebut.

Lakukan secara perlahan ya Moms. Agar Si Kecil lebih nyaman, Moms bisa melakukannya sambil mengajaknya berbicara. 

Setelah itu, tarik popok hingga sebatas perut. Keuntungan menggunakan popok celana Merries adalah mudah untuk dipakai bahkan jika Si kecil dalam keadaan berguling sekalipun. 

Moms juga bisa mengganti popok celana dengan keadaan Si Kecil berdiri. Ajaklah Si Kecil berpegangan kepada sesuatu, bisa pada pundak Moms atau pada dinding.

Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan kaki ke dalam lubang secara perlahan. Masukkan kakinya satu persatu ya Moms, lalu tarik bagian pinggul popok sampai menutupi perut. 

(Baca juga: Tips Memilih Popok Bayi Sekali Pakai Untuk Newborn)

Setelah itu, Moms tetap harus sering memperhatikan kondisi popok Si Kecil. Umumnya, kebanyakan Moms mengganti popok Si Kecil dalam rentang waktu 3 hingga 4 jam. Namun itu semua bisa lebih cepat ketika popok yang dikenakan memang sudah penuh.

Sebaliknya, jika ternyata popoknya masih dalam keadaan kering dan bersih, Moms bisa membiarkannya sampai penuh. Terpenting adalah Moms harus memastikan kondisi kulit Si Kecil tetap kering dan tidak lembab. Karena dengan begitu, risiko untuk munculnya jamur dan juga ruam akan semakin kecil.

Selalu bersihkan area sekitar pantat Si Kecil juga akan sangat membantu menjaga kenyamanan Si Kecil saat beraktifitas. Gunakan popok Merries untuk kebutuhan tumbuh kembang Si Kecil. Moms akan mendapatkan kualitas terbaik dari popok Merries yang sudah mengedepankan teknologi terkini dalam proses produksinya. 

Sehingga mampu menghasilkan popok bayi yang lembut, aman dan juga nyaman dikenakan oleh Si Kecil. Anak senang, Moms pun tenang.