Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Merries Insight
28 Juni 2015
Umum
Share
Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Sekarang ini suasana rumah menjadi semakin semarak dengan hadirnya tangis si kecil. Tentu saja rumah tangga Moms pun terasa kian berwarna dan dipenuhi dengan kasih sayang. Dads menjadi lebih perhatian, dan Moms pun menjadi punya kegiatan baru yang menyenangkan, yakni mengurus si kecil.

Untuk Moms yang sudah berpengalaman dalam mengurus bayi atau dekat dengan orang tua, tentu saja ini bukan masalah yang berarti, karena kalaupun Moms tidak tahu, Moms bisa langsung bertanya kepada orang tua. Tapi bagaimana kalau Moms tidak punya pengalaman dalam mengurus anak?

Jangan khawatir Moms, berikut solusinya?

  • Pastikan kebutuhan makannya terpenuhi, untuk ini ASI jawabannya.
  • Pastikan Moms mengenali gejala tangisan si kecil, baik itu ketika lapar, atau meminta untuk diganti popok. Untuk mengetahuinya, cek apakah si kecil pipis/pup atau tidak, jika iya, segera ganti popoknya, kalau tidak berikan ASI.
  • Hati-hati tangisan rasa sakit. Biasanya ini bisa dilihat dari tangisannya yang sangat dahsyat dan menolak untuk diberi ASI atau popok masih kering. Jika ini terjadi, segera hubungi dokter atau bidan terdekat untuk memastikannya.
  • Jangan tunda mengganti popok, jika memang sudah penuh, segera ganti dengan yang baru.
  • Perhatikan pakaiannya, usahakan Moms memberikan baju yang nyaman dengan bahan lembut dan mampu menyerap keringat.
  • Usahakan untuk menghadirkan lingkungan yang nyaman untuknya. Untuk itu, sebisa mungkin jauhkan si kecil dari suara bising, suhu ruangan yang pas, dan sirkulasi udara yang lancar. Selain itu, perhatikan juga kebersihan sekitar tempat tidurnya.
  • Kolik, hidung mampet, ruam popok, lidah berjamur (putih), infeksi mata, dan demam setelah diimunisasi, merupakan beberapa penyakit langganan bayi. Ketika si kecil mengalaminya, dia pasti akan menjadi sangat rewel. Sebaiknya atasi secepatnya dengan membawanya ke dokter.

Selain itu, yang terpenting adalah, Moms harus tenang dalam menghadapi berbagai hal tentang bayi, terutama ketika si kecil menangis terus menerus. Jika memang Moms masih belum berani sendirian, tidak ada salahnya meminta bantuan orang tua atau kerabat untuk mengajarkan Moms cara mengurus bayi. Kalau memang dibutuhkan, jasa Baby Sitter bisa menjadi solusi.