Cara Mengajari Anak untuk dapat Membagi Waktu

Merries Insight
18 Desember 2014
Kesehatan
Share
Cara Mengajari Anak untuk dapat Membagi Waktu

Moms, kegiatan utama anak-anak umumnya hanya 2, yaitu bermain dan belajar. Anak perempuan biasanya lebih mudah membagi waktunya untuk belajar dan bermain daripada anak laki-laki. Meski begitu, Moms lantas dapat lepas tangan begitu saja. Moms juga harus membantu anak anda membagi waktu untuk belajar dan bermain. Bagaimana caranya?

  • Memilih program/ tayangan TV favorit anak

Menonton TV juga menjadi contoh kegiatan lain yang juga sering dilakukan oleh anak-anak. Ketika sedang malas bermain dan belajar, anak-anak seringnya duduk di depan TV dan menonton tayangan kesukaannya. Nah, agar anak memiliki kegiatan lain dan agar anak tidak hanya menonton TV saja, Moms perlu mengetahui tayangan-tayangan favorit anak anda dan mulai membagi waktu. Buatlah jadwal menonton TV sesuai dengan jam tayangan TV kesukaannya. Dengan cara ini secara tidak langsung anda sudah membatasi kebiasaan anak menonton TV. Moms juga perlu memberitahu pada si anak tayangan TV mana yang boleh dan tidak boleh untuk ditonton.

  • Mengatur waktu pengerjaan tugas/ belajar

Tugas atau PR yang diberikan pada anak memang berbedaa-beda. Ada anak yang diberi PR setiap hari, ada juga anak yang diberi waktu untuk mengerjakan PR beberapa hari. Yang perlu Moms lakukan untuk membantu anak agar dapat membagi waktu dengan baik yaitu dengan melakukan kesepakatan dengan si anak soal waktu yang nyaman bagi si anak untuk mengerjakan PR. Sebelum bermain, di malam hari, di akhir pekan, misalnya, adalah beberapa alternatif waktu yang tepat untuk mengerjakan PR.

  • Berikan kalender dan buat kesepakatan soal daftar kegiatan anak anda

Untuk menumbuhkan kesadaran soal pentingnya mengatur waktu, Moms bisa memberikan kalender untuk buah hati anda. Tunjukan daftar kegiatan sehari-harinya melalui kalender yang anda berikan tadi. Sebagai contoh, Senin hingga jumat, kegiatan di pagi hari adalah sekolah, kemudian di sore hari anak diperbolehkan bermain game/ menonton TV. Kemudian di malam harinya anak belajar atau mengerjakan PR. Nah, untuk Sabtu dan Minggu, saatnya anak menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.