Cara-Cara Asyik Mengasah Konsentrasi Si Kecil

Merries Insight
05 April 2016
Umum
Share
Cara-Cara Asyik Mengasah Konsentrasi Si Kecil

Mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan waktu lama adalah hal yang cukup sulit dilakukan oleh si kecil. Konsentrasi si kecil tak seperti orang dewasa yang hanya bisa melakukan konsentrasi dengan waktu lebih singkat. Untuk membuat si kecil lebih berkonsentrasi, ada beberapa cara asyik yang bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan konsentrasi si kecil.

Menerapkan Permainan Deadline dan Melatih Ingatan

Konsentrasi si kecil bisa diasah dengan menerapkan berbagai cara. Moms bisa membiasakan si kecil agar bisa menyelesaikan suatu tugas dengan kurun dan rentang waktu tertentu. Misalnya, Moms memberikan lima soal matematika pada si kecil. Kelima soal itu harus diselesaikan dalam waktu setengah jam. Dengan permainan deadline ini, si kecil akan lebih mampu untuk memfokuskan diri untuk merampungkan tugas tersebut dengan batas waktu maksimal itu.

Jenis permainan lainnya untuk si kecil adalah permainan melatih ingatan. Permainan ini berguna untuk meningkatkan konsentrasi si kecil dalam melakukan suatu pekerjaan. Hal ini juga menjadi cara menyenangkan bagi si kecil untuk mengasah konsentrasi dan fokus lebih lama. Moms bisa mempergunakan media digital seperti tablet, computer, dan android.

Membagi Pekerjaan

Beberapa anak terkadang kurang bisa fokus dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dikarenakan mungkin pekerjaan itu terlalu sulit untuk diselesaikan. Moms harus bisa memberikan jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kognitif dan level usia si kecil. Jangan terlampau susah tetapi cukup menantang.

Moms juga bisa membagi pekerjaan dari teringan pada si kecil terlebih dahulu untuk membantu mengasah konsentrasinya. Jangan memberikan pekerjaan yang berat pada si kecil agar tak merasa terbebani. Pilihlah jenis dan level pekerjaan dengan memperhatikan kemampuan dan usia si kecil.

Memberikan Pujian

Si kecil membutuhkan waktu cukup untuk menyelesaikan sesuatu hal yang disukai. Membebani si kecil dengan tugas terlalu banyak malah akan membuat si kecil menjadi tidak fokus dan kehilangan konsentrasi karena si kecil menjadi bosan. Saat proses pengerjaan tugas itu, Moms juga harus lebih aktif. Jangan segan-segan untuk melemparkan pujian pada si kecil. Saat si kecil sudah mampu mengerjakan tugas yang diberikan, berikanlah pujian Moms atas keberhasilan si kecil. Moms juga bisa memberikan tanda bintang atas keberhasilan si kecil. Cara ini bisa menjadi pemacu semangat si kecil dalam mengasah konsentrasi. Itulah tadi beberapa cara mengasyikan dan mudah untuk membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi si kecil.