Bolehkan Naik Pesawat Saat Hamil?

Merries Insight
29 November 2014
Kesehatan
Share
Bolehkan Naik Pesawat Saat Hamil?

Apakah Moms saat ini sedang hamil dan berencana untuk pergi ke luar kota atau luar negeri dengan naik pesawat? Moms tentu bertanya-tanya dan penasaran bolehkah ibu hamil bepergian naik pesawat?

Sebenarnya boleh-boleh saja ibu hamil naik pesawat. Tetapi sejauh tidak ada keluhan atau tanda – tanda komplikasi pada kehamilan Moms. Lebih baik, Moms berkonsultasi lebih dulu dengan dokter kandungan sebelum Moms memutuskan untuk bepergian dengan naik pesawat. Beberapa sumber menyebutkan bahwa ibu hamil idealnya boleh bepergian menggunakan pesawat saat kehamilan trimester kedua sampai minggu awal kehamilan trimester ketiga. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan.

Pada saat kehamilan usia tersebut, ibu hamil telah melalui saat-saat morning sickness atau rasa mual dan ingin muntah. Pasalnya kebanyakan ibu hamil benar-benar merasa terganggu dengan morning sickness. Lebih dari waktu tersebut, usia kandungan sudah makin besar dan ibu hamil biasanya akan lebih mudah merasa lelah sehingga tidak disarankan untuk melakukan perjalanan yang jauh.

Saat ini setiap maskapai sendiri sebenarnya sudah mempunyai kebijakan masing-masing tentang batasan usia kehamilan yang diijinkan untuk naik pesawat. Tetapi pada umumnya, Moms masih diperbolehkan naik pesawat pada usia kandungan 32 sampai 34 minggu. Supaya perjalanan lebih nyaman, pastikan Moms sudah mengantongi surat keterangan dari dokter kandungan dan fotokopi riwayat kesehatan Moms selama hamil

Kursi dan posisi duduk di pesawat akan sangat berpengaruh terhadap ibu hamil selama berada di dalam pesawat. Moms sebaiknya memilih kursi yang lokasinya berada di dekat lorong pesawat. Pada lokasi ini, Moms akan lebih mudah bangun ketika ingin pergi ke toilet untuk buang air kecil atau hanya sekedar ingin meluruskan kaki.

Selanjutnya, minumlah air yang banyak sebelum pesawat lepas landas dan pada saat di dalam pesawat. Mendapatkan asupan cairan yang cukup akan menghindarkan Moms mengalami dehirasi selama dalam penerbangan. Jika Moms masih sering mual, Moms dapat membawa camilan kesukaa Moms untuk ngemil selama berada di pesawat.