Benarkah Morning Sickness Tanda Bayi Perempuan?

Merries Insight
02 September 2016
Umum
Share
Benarkah Morning Sickness Tanda Bayi Perempuan?

Di tengah perkembangan teknologi yang serba canggih, sebagian masyarakat Indonesia ternyata masih percaya dengan mitos-mitos yang melingkupi kehidupan mereka. Tak terkecuali mitos seputar kehamilan yang berkaitan dengan jenis kelamin janin yang sedang dikandung. Sebagai calon orangtua, Moms dan Dads mungkin pernah mendengar mitos seputar keluhan morning sickness yang katanya bisa jadi tanda awal dari kehamilan anak laki-laki atau perempuan.

Konon kalau Moms jarang atau tidak pernah mengalami morning sickness, maka si Kecil yang berada di dalam kandungan berjenis kelamin laki-laki. Sebaliknya, kalau Moms sering merasa mual dan muntah di pagi hari, maka si Kecil akan mempunyai jenis kelamin perempuan. Kendati anggapan seperti ini mulai ditinggalkan orang-orang modern, tetapi masih ada sebagian calon orangtua yang percaya, terutama bagi Moms dan Dads yang menginginkan kehadiran seorang putri kecil dalam keluarganya.

Prediksi Jenis Kelamin dari Kacamata Ilmiah

Sebenarnya, ada penjelasan ilmiah yang dapat memaparkan jenis ilmiah si Kecil meski masih berada di dalam kandungan. Jika Moms mengandung bayi perempuan, maka secara tidak langsung tubuh Moms pun akan dipenuhi oleh hormon wanita. Hormon-hormon tersebut yang akan menimbulkan sensasi sakit berlebih dan berakhir dengan morning sickness yang terbilang parah.

Sebuah studi yang dilakukan di Swedia menemukan fakta bahwa setidaknya 56% wanita yang dirawat di rumah sakit akibat morning sickness secara berlebihan pada akhirnya melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan. Data dan fakta ini mungkin akan membangkitkan harapan Moms dan Dads yang sudah lama menginginkan bayi perempuan. Meski begitu, morning sickness tidak bisa dipakai sebagai patokan untuk menentukan jenis kelamin janin dalam kandungan.

Selain itu, sebagian ilmuwan ternyata malah menemukan kenyataan yang berbanding terbalik dari data di atas. Dilansir dari Canadianliving, seorang ibu hamil yang mengalami mual dan muntah parah ternyata malah melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki. Lantas sebaliknya, ibu hamil yang nyaris atau bahkan tidak mengalami morning sickness justru malah mendapatkan anak perempuan.

Bukan hanya itu, Moms. Kate Middleton ternyata mengalami mual dan muntah parah saat mengandung Pangeran George Alexander Louis. Bahkan Kate sampai dilarikan ke rumah sakit. Sebagian masyarakat Inggris yang mendengar kabar tersebut pun menduga kalau Kate akan melahirkan bayi perempuan. Nah nyatanya, Kate malah mendapatkan seorang bayi laki-laki tampan dari kehamilan tersebut.

Moms dan Dads, dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa tidak semua mitos kehamilan dapat dipercaya, apalagi dijadikan pegangan. Meski begitu, Moms dan Dads dapat melakukan berbagai usaha untuk memperoleh keturunan sehat, baik laki-laki maupun perempuan. Misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat, terus berolahraga, dan rajin berkonsultasi dengan dokter kandungan secara rutin.