Benarkah Asam Folat Tinggi pada Ibu Hamil Bisa Membuat Si Kecil Autis?

Merries Insight
10 Juli 2016
Kesehatan
Share
Benarkah Asam Folat Tinggi pada Ibu Hamil Bisa Membuat Si Kecil Autis?

Asam folat menjadi salah satu nutrisi amat penting bagi Moms yang sedang dalam masa kehamilan. Nutrisi ini berguna untuk menjaga perkembangan si janin. Walaupun asam folat memiliki dampak bagus bagi kesehatan, ternyata nutrisi ini juga kurang bagus bila dikonsumsi secara berlebihan. Ada dampak negatif yang diakibatkan karena mengkonsumsi asam folat terlalu banyak.

Meningkatkan Resiko Autis

Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi asam folat akan berdampak pada kesehatan si kecil kemudian hari. Bila konsumsi asam folat berlebih, ternyata meningkatkan resiko si kecil terkena autisme atau autis. Kandungan asam folat berlebih di dalam tubuh saat masa kehamilan akan meningkatkan resiko terjadinya autisme pada anak lebih besar dua kali lipat. Walaupun sudah ada penelitian tentang asam folat ini, tak seharusnya Moms tidak berhenti mengkonsumsi asam folat sama sekali.

Moms tetap harus menjaga asupan dan konsumsi asam folat selama kehamilan. Hanya saja Moms harus berkonsultasi dengan dokter dalam menjaga asupan asam folat itu sendiri. Moms bisa mengetahui batasan konsumsi asam folat yang tepat dan pas untuk ibu hamil agar tidak terjadi resiko autis pada si kecil. Menurut rekomendasi WHO, konsumsi asam folat bagi ibu hamil adalah berkisar diantara 13.5 hingga 45.3 nanomoles setiap liternya.

Tetap Mengkonsumsi Asam Folat dengan Ukuran Yang Tepat

Moms tetap harus menjaga konsumsi asam folat selama kehamilan agar tidak kekurangan asupan nutrisi ini. Kekurangan asam folat selama kehamilan bisa merugikan perkembangan si kecil di dalam janin. Karena adanya dampak negatif dari konsumsi asam folat, membuat Moms harus selalu mengontrol apapun yang dikonsumsi selama masa kehamilan. Asam folat seharusnya dikonsumsi di masa awal kehamilan dengan dosis tepat dan benar agar tidak berlebihan.

Asam folat sendiri bisa didapatkan secara alami yaitu berasal dari buah-buahan dan sayuran seperti bayam, anggur, brokoli, dan jeruk. Selain konsumsi asam folat alami, Moms bisa mengkonsumsi asupan asam folat sintesis dalam bentuk suplemen yang dijual di toko obat. Selain mengkonsumsi asam folat berlebihan, ternyata vitamin B12 yang berlebihan juga berdampak buruk pada kesehatan si kecil. Vitamin B12 ini juga meningkatkan resiko terkena autis pada si kecil. Jadi, sebaiknya Moms lebih bijaksana dalam mengkonsumsi kedua nutrisi ini selama masa kehamilan. Konsumsilah asam folat dengan takaran pas dan atas rekomendasi dokter agar si kecil terbebas dari resiko penyakit autis.