Belajar Sambil Bermain di Alam Terbuka

Merries Insight
16 Oktober 2014
Umum
Share
Belajar Sambil Bermain di Alam Terbuka

Belajar tidak harus selalu dilakukan di dalam kelas Moms. Belajar bisa di mana saja. Alam merupakan wahana belajar paling luas dan menyenangkan untuk anak – anak. Banyak hal baru dapat dipelajari anak dari alam dan tidak akan mereka dapatkan saat belajar di dalam kelas. Belajar di alam memungkinkan anak belajar sambil bermain. Saat ini banyak tempat wisata edukatif yang memungkinkan anak belajar sambil bermain di alam. Berikut ini adalah beberapa ide kegiatan outdoor yang dapat Moms lakukan untuk si kecil.

Menanam Padi

Menanam padi merupakan aktivitas menyenangkan yang memungkinkan anak belajar bagaimana cara menanam padi sambil bermain dengan lumpur dan air. Beberapa tempat wisata alam menawarkan kegiatan menanam padi sebagai salah satu program wisatanya. Dalam kegiatan ini, anak dapat mengetahui darimana nasi berasal. Jika tidak menanam padi, Moms bisa menggantinya dengan tanaman lain. Si kecil tentu akan sangat senang ketika ia diberi kesempatan mencoba menanam.

Memetik Stroberi

Kegiatan memetik stroberi juga dapat menjadi sarana untuk belajar sambil bermain di alam terbuka. Beberapa objek wisata edukatif di Bandung dan kawasan dataran tinggi biasanya menyediakan kegiatan ini. Dalam kegiatan tersebut, anak akan mendapat pengalaman memetik buah stroberi. Ia akan belajar cara memetik stroberi dan memilih buah stroberi yang bagus.

Taman Safari

Jika Moms ingin mengajak anak lebih mengenal aneka satwa, ajaklah si kecil ke kebun binatang atau taman safari. Di sana, Anak dapat mengetahui berbagai macam jenis hewan dan tempat hidupnya. Ketika melihat salah satu jenis hewan, mintalah anak untuk mengidentifikasinya misalnya berapa jumlah kakinya? Apa warna tubuhnya? Bagaimana suaranya?

Kegiatan – kegiatan di atas hanya sebagian contoh kegiatan yang dapat Moms lakukan untuk mengajak si kecil bermain sambil belajar di alam bebas. Tentu masih ada banyak hal lainnya yang dapat dipelajari oleh si kecil saat ia bermain di alam bebas seperti mengetahui tanaman apa saja yang tumbuh di sawah, hewan apa saja yang ada di sungai, belajar menghitung menggunakan batu kerikil, dan masih banyak lagi.