Begini Lho Dads Cara Mengganti Diapers Si Kecil yang Masih Bayi

Merries Insight
24 Juni 2016
Umum
Share
Begini Lho Dads Cara Mengganti Diapers Si Kecil yang Masih Bayi

Mengganti diapers mungkin tugas yang biasanya Moms lakukan. Tapi, tidak ada salahnya bila Dads juga membantu Moms dengan menggantikannya untuk mengganti diapers Si Kecil. Terdengar mudah memang, namun, mengganti diapers dapat menjadi hal yang sulit dilakukan. Dads tidak perlu khawatir, berikut beberapa tips dan langkah agar mudah mengganti diapers Si Kecil.

  1. Hal pertama yang harus Dads lakukan adalah mempersiapkan semuanya dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau, seperti:
  • diapers bersih, sediakan lebih dari 1 buah
  • Kapas basah untuk membasuh
  • Air hangat letakkan dalam baskom
  • Krim anti ruam
  • Keranjang untuk diapers bekas atau pakaian kotor
  1. Letakkan Si Kecil dalam posisi terlentang di tempat datar. Setelah itu, perlahan buka ikatan diapers, kalau Si Kecil memakai diapers kain atau perekat bila memakai diapers sekali pakai. Lalu, perlahan lepas diapers agar kotoran tidak mengotori kain alas di tempat untuk menggantinya.
  2. Bersihkan bagian bokong Si Kecil dan kelamin dengan kapas basah. Sebaiknya, Dads membasahi kapas dengan air hangat agar Si Kecil lebih merasa nyaman. Saat membersihkan, angkat kedua kaki Si Kecil dengan satu tangan agar lebih mudah melakukannya. Setelah bersih, letakkan kembali kaki Si Kecil di atas tempat mengganti diapers.
  3. Setelah melakukan langkah diatas, Dads dapat menunggu hingga bokong Si Kecil kering dengan sendirinya sebelum memakaikan krim atau diapers. Tunggu sekitar 1 hingga 2 menit.
  4. Setelah bersih, Dads dapat mengoleskan krim anti ruam pada bokong Si Kecil. Hal ini dapat dilakukan kalau memang kulit Si Kecil sensitif. Tetapi, bila tidak, Dads tidak perlu menggunakan krim.
  5. Selanjutnya, pegang kaki Si Kecil pada bagian pergelangan dan angkat sedikit hingga bokongnya terangkat. Lalu letakkan setengah bagian diapers dibawahnya dengan bagian tali pengikat atau perekat berada tepat dibawah bokong Si Kecil. Tarik bagian depan diapers hingga mencapai perut dan ikat talinya atau rekatkan perekatnya.
  6. Pastikan diapers menutup bagian kelamin dan bokong dengan sempurna. Periksa pula tali dan perekat diapers, pastikan terikat dan melekat sempurna. Jangan mengikat atau merekatnya terlalu kencang agar Si Kecil tetap merasa nyaman.

Setelah semua langkah selesai dilakukan, Dads dapat meletakkan Si Kecil ditempat lainnya. Pastikan pula, diapers bekas Dads buang atau letakkan pada tempat yang sudah disediakan sejak awal.