Beberapa Ketakutan Calon Ayah dan Cara Mengatasinya

Merries Insight
20 September 2016
Umum
Share
Beberapa Ketakutan Calon Ayah dan Cara Mengatasinya

Saat kehamilan Si Kecil yang pertama, seringkali, Dads merasa takut akan banyak hal. Hal ini wajar, karena Dads tidak mengetahui apa yang harus dilakukan saat Si Kecil hadir di dunia. Ditambah lagi, Dads tidak ingin salah melakukan sesuatu yang dapat berdampak buruk pada Si Kecil. Moms yang melihat ini tentu ingin agar Dads bisa mengatasi rasa ketakutan ini. Dan, ada solusi yang dapat digunakan Dads maupun Moms yang dapat membantu melewati fase ini.

Masalah Finansial

Dads seringkali takut karena saat Si Kecil lahir, akan ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Dan, Dads merasa tidak akan mampu untuk melakukan semua itu. Moms dapat membantu dengan berbicara dan berdiskusi dengan Dads. Dan, tentunya Moms pasti sudah pengalaman mengatur pengeluaran dan keuangan keluarga. Disini, Moms dapat menggunakan pengalaman ini untuk membuat rencana keuangan bersama Dads. Dengan adanya rencana yang pasti seperti ini, maka masalah Dads akan terselesaikan.

Takut Saat Menghadapi Persalinan

Masalah ini sering terjadi pada Dads, bahkan mereka yang sudah memiliki lebih dari satu anak. Salah satu alasannya adalah pada Dads tersebut takut tidak akan bisa memberikan dukungan kepada Moms yang sedang berjuang melahirkan Si Kecil karena takut darah. Untuk masalah ini, Moms dapat membicarakan secara langsung pada Dads. Dan, untuk Dads, bisa berdiskusi dengan Dads lain yang sudah berpengalaman, dan tentu saja dengan dokter yang lebih tahu prosesnya. Dengan dukungan dari banyak pihak seperti ini, ketakutan ini juga akan dapat teratasi.

Takut Kondisi Moms dan Si Kecil

Sangat wajar dan bahkan Moms juga harus bersyukur karena Dads sangat mencintai Moms, yang mengakibatkan adanya ketakutan ini. Dads biasanya takut bila Moms atau Si Kecil, atau bahkan keduanya meninggal saat proses kelahiran. Sekali lagi, komunikasi dan diskusi antara Moms dan Dads dapat menjadi pereda ketakutan ini yang pada akhirnya mengatasinya. Ditambah lagi, dokter dapat menjadi orang yang sangat berguna yang dapat menjelaskan proses dan fase kelahiran, yang bisa menenangkan pikiran Dads.

Sebenarnya ada banyak lagi ketakutan yang bisa saja dialami Dads saat menghadapi Moms yang akan melahirkan. Mulai dari kurangnya kemesraan dengan Moms hingga kehidupan sosial Dads. Tapi, semua itu bisa diatasi dengan komunikasi. Karena, ketakutan para Dads ini sebenarnya datang dari ketidak tahuan. Bila Dads sudah mengetahui informasi yang benar, ketakutan atau kecemasan ini pasti akan hilang.