Atasi Susah Makan Anak Dengan Cara Ini

Merries Insight
08 Juli 2015
Umum
Share
Atasi Susah Makan Anak Dengan Cara Ini

Banyak orang tua menganggap jika anak susah diajak makan merupakan sebuah masalah yang cukup pelik. Khawatirnya, karena nggak mau makan, nanti dia sakit atau pertumbuhannya tidak maksimal. Alhasil, kita pun akan melakukan berbagai cara untuk bisa membujuk si kecil supaya makan.

Jika Moms mengalami masalah ini, dan sudah melakukan banyak cara, dari mulai bujuk rayu hingga sedikit mengeluarkan urat saraf, tapi si kecil masih tidak bergeming, mungkin beberapa cara di bawah ini bisa menjadi solusi mengatasi si kecil yang tidak mau makan.

Sajikan dalam porsi kecil

Terkadang anak-anak tidak mau makan karena dia melihat porsi makanan yang Moms berikan terlalu besar. Dia menyangka makanan itu akan Moms paksa untuk dihabiskannya, padahal dia sendiri sudah tahu kalau makanan itu tidak mungkin akan habis. Solusinya, kurangi porsi makannya!

Coba Variasi

Bisa saja dia malas dan bosan dengan menu yang itu-itu saja. kalau tidak telur dadar, ya telur rebus. Untuk itu, coba berikan variasi menu makanan yang Moms sajikan untuknya, bisa saja jadi semur telur atau apapun itu, yang penting ada makanan dengan tampilan baru.

Tampilan Menarik

Anak-anak akan mudah tergoda dengan tampilan makanan yang unik dan menarik. Untuk itu, cobalah untuk menyajikan menu makanan dengan desain yang atraktif. Moms bisa mencetak telur berbentuk hati, menghias telur dadar dengan sayuran supaya menyerupai bentuk senyum, dan lainnya. Intinya, kreatif sedikit Moms!

Saat Menyenangkan

Apa yang akan Moms pikirkan kalau setiap mau makan Moms dibentak, setiap makanan tidak habis, Moms langsung diomelin. Nggak enak kan? Pantas kalau si kecil malas makan. Untuk itu, bentuk suasana yang nyaman dan menyenangkan sebelum makan. Bicaralah yang lembut supaya si kecil menyimpulkan jika waktu makan, merupakan waktu Moms berubah menjadi malaikat.

Selain cara di atas, Moms juga bisa melibatkan si kecil ketika mengolah makanannya. Dengan demikian, si kecil akan lebih semangat lagi menyantap makannya. Selain itu, tentunya beda orang tua, beda pula gaya pendekatannya. Kalau Moms bagaimana cara membujuk si kecil supaya mau makan?