Atasi Kutu Pada Rambut Balita dengan Cara Ini!

Merries Insight
01 Oktober 2016
Umum
Share
Atasi Kutu Pada Rambut Balita dengan Cara Ini!

Kutu rambut merupakan salah satu serangga yang paling sering dijumpai pada anak-anak, khususnya anak perempuan. Jika buah hati mengalami masalah dengan kutu, Moms pasti akan segera berusaha mengatasinya karena membuat si kecil gatal-gatal dan tidak nyaman. Jika si kecil kutuan, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutu tersebut.

Memotong Rambut

Jika rambut buah hati Moms yang perempuan memiliki rambut panjang, maka segera potong pendek rambut tersebut. Sementara itu jika anak laki – laki, segera cukur habis rambutnya. Pasalnya selama berada di kepala, batang rambut menjadi tempat bagi kutu untuk bertelur.

Menggunakan Obat Penghilang Kutu

Menggunakan obat penghilang kutu merupakan salah satu cara yang paling cepat dan efektif untuk mengatasi kutu. Gunakan obat pemberantas kutu hanya pada bagian batang rambut. Setelah itu tutup selama semalaman. Pada keesokan harinya, bilas rambut sampai bersih. Pasti kutu-kutu yang ada di rambut akan mati dengan sendirinya.

Memantau Terus

Satu minggu setelah memberikan obat kutu pada si kecil, Moms perlu memantau lagi untuk membasmi kutu yang baru menetas. Ini perlu dilakukan karena biasanya pengobatan hanya mematikan kutu dan telurnya tetap bertahan hidup serta menempel di rambut.

Memeriksa Kondisi Rambut Semua Penghuni Rumah

Kutu biasanya bersifat menular dari satu orang ke orang lain. Si kecil dapat terkena kutu dari temannya maupun salah satu anggota keluarga di rumah yang sebelumnya mengalami kutuan. Jadi Moms perlu memeriksa kondisi rambut seluruh penghuni rumah. Bahkan jika memungkinkan, Moms juga dapat memeriksa rambut temannya. Karena kutu menular dengan mudah, sumber yang menyebarkan kutu juga harus diobati. Jika hanya si kecil saja yang diobati tetapi temannya masih kutuan, bukan tidak mungkin ia akan mengalami kutuan lagi.

Krim Antibiotik

Rasa gatal karena kutu kadang membuat anak menggaruk kepalanya karena tidak tahan. Menggaruk terlalu keras dapat menimbulkan luka. Jika kepala terlalu sering digaruk, luka tersebut dapat mengalami infeksi sekunder misalnya bernanah. Untuk mengatasinya Moms dapat memberikan krim antibiotika dengan cara dioleskan di kepala si kecil.

Membersihkan Bantal

Bersihkan semua bantal yang ada di rumah dengan cara dicuci dan dijemur. Bantal perlu dicuci dengan air panas dengan suhu sekitar 60 derajat Celsius. Selain itu bersihkan pula sofa, lantai dan berbagai tempat yang biasa kontak dengan kepala si kecil.

Gunakan kondisioner dan metode sisi secara rutin setiap minggu. Hal ini akan membantu Moms mendeteksi kutu rambut lebih mudah sejak dini. Mengikat rambut merupakan salah satu cara mencegah kutu rambut menyebar luas pada anak.