Anak Suka Memukul? Pahami Sebabnya!

Merries Insight
16 April 2016
Umum
Share
Anak Suka Memukul? Pahami Sebabnya!

Tak sedikit para orangtua yang mengeluh karena peringati si kecil yang suka memukul. Perilaku ini biasanya ditunjukkan saat si kecil mulai marah atau keinginannya tidak dituruti. Kebiasaan kurang baik ini sebaiknya jangan dibiarkan terus menerus karena kurang baik untuk masa depan si kecil. Kebiasaan si kecil itu bisa terbawa hingga dewasa yang berakibat pada karakter si kecil. Tetapi sebenarnya ada beberapa penyebab mendasar kenapa si kecil suka memukul.

Terpengaruh Lingkungan

Bila si kecil sering memukul lawan mainnya, Moms harus memperhatikan penyebabnya agar menemukan solusi jitu untuk mengatasinya. Ada beberapa pemicu yang bisa menyebabkan si kecil gemar memukul. Penyebab utamanya biasanya adalah terpengaruh oleh lingkungan. Area lingkungan itu bisa lingkungan keluarga, sekitar, dan permainan. Namun, lingkungan permainan dan keluarga lebih kuat untuk mempengaruhi kebiasaan si kecil memukul lawan main. Jika Dads ringan tangan, maka si kecil akan meniru perilaku ringan tangan Dads. Jadi, harus lebih berhati-hati lagi. Untuk mencegah kejadian yang lebih buruk, Moms harus memperhatikan reaksi si kecil pada anak-anak lain. Apakah si kecil menyukai lawan mainnya atau tidak? Pastikan bahwa si kecil tidak memukul area wajah karena berbahaya.

Tontonan Televisi

Televisi menjadi media yang menyenangkan dan menghibur bagi si kecil. Tetapi, saat ini tayangan acara televisi cenderung kurang mendidik dan lebih berisi tentang kekerasan. Si kecil yang sering menonton acara kekerasan di televisi otomatis berpengaruh pada karakter dan mental si kecil. Si kecil akan mulai mengikuti acara kekerasan di televisi karena di usia perkembangan, si kecil belum tahu membedakan mana yang baik dan benar.

Dengan kondisi seperti ini, peran Moms sangatlah penting untuk membatasi tingkah laku menyimpang si kecil. Moms harus bisa memilih acara televisi yang tepat untuk si kecil. Apabila ada berita atau acara kekerasan segera matikan televisi saja.

Marah dan Kesal

Perasaan marah dan kesal bisa menjadi salah satu penyebab mengapa si kecil sering kali memukul lawan. Si kecil belum tahu bagaimana cara mengekspresikan rasa marah yang baik dan benar. Hal itu tentu saja berakibat buruk terhadap tingkah laku si kecil. Moms harus mulai mengarahkan si kecil agar mengurangi kebiasaan memukul itu.

Perasaan Takut

Kebiasaan memukul si kecil merupakan situasi alami yang dilakukan si kecil saat merasa dirinya terganggu. Hal ini juga bisa disebabkan perasaan takut yang mendera sehingga si kecil menjadi lebih agresif. Ketakutan ini bisa dipicu beberapa hal seperti kurangnya kasih sayang dan trauma terhadap sesuatu hal.