Ajarkan Kemandirian Sejak Dini

Merries Insight
10 Juli 2015
Umum
Share
Ajarkan Kemandirian Sejak Dini

Moms, memiliki anak yang mandiri tidak hanya akan lebih memudahkan Moms saja, ternyata lebih dari itu, anak yang mandiri cenderung memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Tidak hanya itu, menurut Ajeng Raviando, Psi, anak yang mandiri cenderung memiliki karakter tidak mudah menyerah dan mudah bersosialisasi.

Lantas, bagaimana cara melatih kemandirian si kecil sejak dini?

Untuk melatih kemandirian si kecil, ada baiknya Moms sesuaikan terlebih dahulu dengan usianya sekarang. Pada dasarnya, mengajarkan kemandirian kepada si kecil ini sudah mulai di berikan sejak usia 1 tahun dengan cara membiarkan dia memiliki pilihannya sendiri. Contohnya saja ketika akan makan, biarkan si kecil memilih sendiri makanan yang akan dia konsumsi lebih dulu.

Menginjak di usia 2 tahun, tingkat pengajaran untuk kemandirian ini sudah mulai ditingkatkan, walaupun begitu, metode pelatihannya masih tetap sama. Yakin membiarkan si kecil memiliki pilihannya sendiri. Contohnya, biarkan si kecil untuk makan sendiri sesuai dengan keinginannya. Perkara belepotan, itu merupakan hal sepele dan tidak perlu dibesar-besarkan.

Sedangkan untuk anak yang berusia 3 tahun ke atas, pengajaran kemandirian ini sudah mulai dilakukan dengan cara yang cukup berat. Contohnya saja dengan membiarkan anak untuk tidur sendiri, makan sendiri, menentukan makanan apa yang dia akan makan dan lainnya.

Di sini, sebagai orang tua Moms hanya bertugas untuk mengawasi dan mengarahkan saja. selebihnya, biarkan si kecil mencoba berbagai hal baru itu sendiri. Dengan begitu, maka tingkat kemandirian si kecil ini akan terlatih, dan nantinya, si kecil tidak akan kaget lagi kalau sampai suatu saat dirinya di suruh untuk melakukan segala sesuatu sendirian.

Sebagai informasi tambahan. Saat usia anak 3 tahun ke atas, pembelajaran kemandirian ini harus benar-benar di tekankan. Mengingat sebentar lagi si kecil akan mulai masuk ke TK, dan di sinilah akan terlihat seberapa berhasil Moms mendidik si kecil untuk mandiri.

Kalau Moms sendiri bagaimana cara melatih kemandirian kepada si kecil? Boleh dong sharing di kolom komentar di bawah ini.