Ajarkan Berenang Untuk Tumbuh Kembangnya

Merries Insight
19 Juli 2015
Kesehatan
Share
Ajarkan Berenang Untuk Tumbuh Kembangnya

Sudah bukan rahasia lagi jika berenang merupakan olahraga yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Bagaimana tidak, dengan berenang mereka bisa bisa bermain air sepuasnya, sekaligus melatih perkembangan fisik dan memaksimalkan pertumbuhan postur tubuh mereka.

Walaupun begitu, ternyata aktivitas berenang juga memiliki manfaat besar lainnya, yakni:

Belajar Disiplin

Sama seperti olahraga lainnya, berenang juga bisa menumbuhkan semangat anak untuk belajar disiplin. Dari mulai hal yang sepele, seperti datang tepat waktu, melakukan peregangan, hingga belajar teknik berenang yang baik hingga tuntas. Dengan belajar berenang, anak-anak akan diajarkan untuk menghargai proses belajar untuk mendapatkan sebuah kemampuan.

Membentuk Tubuh

Dengan berenang, maka si kecil akan dipaksa untuk terus bergerak dalam tekanan air. Alhasil, tubuh mereka pun akan terbentuk dengan sempurna. Sebagai buktinya, selama ini belum ada perenang profesional yang bertubuh gemuk. Inilah salah satu alasan kenapa renang sangat baik untuk melatih tubuh anak.

Belajar berani

Sudah bukan rahasia lagi jika air merupakan momok bagi anak-anak. Kesulitan bernafas dalam air, takut tenggelam dan lainnya harus mereka taklukan demi memiliki teknik berenang yang baik. Dengan begitu, mental dan keberanian mereka akan tumbuh dengan sendirinya. Pola pikir mereka akan dibentuk dengan anggapan air itu merupakan tempat yang menyenangkan, bukan menakutkan.

Lebih Sehat

Banyak pakar kesehatan menyarankan renang digunakan sebagai salah satu terapi untuk mengobati anak yang mengidap penyakit asma. Selain itu, renang juga kerap digunakan untuk terapi anak autis. Ini semua sudah cukup membuktikan jika berenang merupakan olahraga yang sangat menyehatkan untuk anak-anak.

Olahraga Sepanjang Masa

Sejak kecil hingga dewasa, renang merupakan olahraga yang tidak pernah mengenal waktu. Untuk itu, sangat pantas jika olahraga renang ini disebut sebagai olahraga sepanjang masa. Bahkan kemampuan renang ini bahkan harus terus ditingkatkan dan dikembangkan, bahkan hingga mereka tua.

Dengan keistimewaan yang sangat banyak, tentu saja Moms sangat disarankan untuk memilih olahraga renang sebagai pembentuk karakter sekaligus penjaga kesehatan si kecil. Selain itu, kenalkan juga si kecil dengan olahraga lainnya supaya olahraga ini tidak hanya dijadikan sebagai gaya hidup saja, akan tetapi dijadikan sebagai sebuah kebutuhan.

Moms sendiri bagaimana. Olahraga apa yang Moms ajarkan kepada si kecil sebagai penunjang tambuh kembangnya?