Ajak Si Kecil Naik Motor? Wajib Pakai Ini Ya Dads!

Merries Insight
17 Agustus 2016
Umum
Share
Ajak Si Kecil Naik Motor? Wajib Pakai Ini Ya Dads!

Dads, jalan-jalan di sore hari yang cerah dengan sepeda motor merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Sambil menikmati keindahan sore hari, Dads pun bisa memanfaatkan momen ini sebagai cara untuk bisa lebih dekat dengan si kecil.

Tapi ingat, sebelum mengajak si kecil jalan-jalan naik motor, ada beberapa perlengkapan yang wajib si kecil kenakan. Mau tahu apa saja? Simak yuk!

Helm

Tidak hanya orang dewasa, si kecil pun wajib pakai helm lho! Bahkan saat ini sudah ada aturan jika anak yang berusia lebih dari 4 tahun, wajib mengenakan helm ketika naik sepeda motor. Selain untuk mencegah masuk angin, helm pun jadi alat keselamatan utama selama berkendara dengan sepeda motor.

Agar lebih aman, pastikan helm yang digunakan si kecil pas dengan ukuran kepalanya, mudah digunakan, punya tali pelindung yang kuat dan memiliki sertifikasi standar keamanan SNI.

Jaket

Walaupun si kecil duduk di belakang, bukan berarti angin tidak menerpa tubuhnya. Agar aman, pastikan si kecil menggunakan jaket yang cukup tebal. Kalau cuaca sedang panas, boleh menggunakan jaket yang tipis untuk sekedar melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari.

Selain itu, jaket pun bisa digunakan untuk menangkal risiko terjadinya luka ketika terjatuh. Makanya, pastikan jaket yang digunakan si kecil memiliki bahan yang kuat dan tidak mudah sobek.

Masker

Walaupun Dads berniat untuk jalan-jalan di perkampungan, bukan berarti disana tidak ada polusi lho! bagaimanapun juga, masker dibutuhkan agar udara yang dihirup si kecil tetap bersih dan aman dari debu. Tapi ingat, pastikan masker yang digunakan si kecil memiliki rongga yang cukup untuk bernafas.

Selain untuk menyaring udara, masker pun berfungsi untuk mencegah benda-benda asing terhirup ke hidung atau mulutnya, serta mencegah terjadinya masuk angin.

Sepatu

Sepatu mutlak dibutuhkan lho Dads! Usahakan si kecil menggunakan sepatu jenis boat tanpa tali atau yang di perekat saja. Pasalnya, sepatu dengan tali tergolong rawan kecelakaan, terlebih untuk motor jenis bebek atau sport yang masih menggunakan rantai.

Bagaimana Dads, tidak banyak kan? Walaupun sepele, perlengkapan tersebut wajib ada dan harus selalu digunakan lho! Tapi ingat, usahakan untuk membeli perlengkapan dengan kualitas terbaik.