Agar Si Kecil Bisa Lepas dari Hisap Jempol atau Selimut Kenyamanan

Merries Insight
07 April 2016
Umum
Share
Agar Si Kecil Bisa Lepas dari Hisap Jempol atau Selimut Kenyamanan

Si kecil seringkali memiliki kebiasaan yang kurang baik. Kebiasaan itu juga sering dipelihara dan berdampak buruk pada kegiatan sehari-hari si kecil. Menghisap jempol menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh si kecil. Terkadang si kecil melakukannya karena gigi yang mulai tumbuh untuk mengurangi rasa gatal. Tetapi, kebiasaan itu berlangsung lama dan menjadi kebiasaan buruk yang berlangsung terus menerus. Inilah beberapa cara agar si kecil bisa terlepas dari kebiasaan buruk menghisap jempol.

Memulai Menghentikan Kebiasaan Sejak Usia Dini

Cara terbaik untuk melepaskan kebiasaan menghisap jempol si kecil sebaiknya dilakukan sejak dini. Ketika si kecil sudah semakin dewasa, maka si kecil sudah mempunyai pendirian dan pemikirannya sendiri sehingga akan semakin sulit untuk dirubah. Biasanya si kecil mulai menghisap jempol setelah usia 18 bulan dimana si kecil mulai mengenal benda-benda dan objek. Untuk mengalihkan kebiasaannya itu, si kecil bisa diberikan mainan yang aman dan higienis.

Jangan Memarahi Si Kecil

Saat Moms menemukan buruk si kecil ini, jangan pernah Moms memarahinya dengan keras. Tetapi, Moms harus bermain cantik untuk mengatasi kebiasaan menghisap jempol. Moms bisa melakukan pengalihan dengan cara lain. Dengan memarahi si kecil dan memaksanya mengeluarkan jempol hanya akan membuat si kecil semakin parah dalam menghisap kecil. Hal ini dikarenakan sifat si kecil itu yang mana lebih agresif jika dilarang dalam melakukan sesuatu.

Mengalihkan Kebiasaan Menghisap Jempol

Ketika Moms melihat si kecil menghisap jempol, Moms harus menerapkan langkah tepat dan benar. Lalu langkah apakah itu? Sebaiknya Moms mencoba mengalihkan perhatian si kecil dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan itu mengharuskan si kecil menggunakan kedua tangannya agar tangannya lebih aktif lagi. Contohnya adalah memberikan mainan boneka dan meminta si kecil untuk memeluk dan membelainya dengan kedua tangannya. Cara ini cukup efektif untuk membantu si kecil menghilangkan kebiasaan buruknya.

Biasanya kebiasaan menghisap jempol bisa disebabkan karena stress yang timbul pada anak. Si kecil mengalami tekanan tinggi sehingga membuatnya kesulitan dan bingung. Kondisi itu akan membuatnya cenderung menghisap jempol. Moms bisa berkonsultasi dengan dokter tentang hal ini. Selain itu, Moms bisa meminta si kecil tidur lebih awal agar tidak lebih lama dan sering lagi dalam menghisap jempol. Jika si kecil tetap menghisap jempol, Moms bisa mengoleskan brotowali atau garam di jempol si kecil agar saat si kecil menghisap merasakan asin dan pahit.