A to Z Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Merries Insight
26 Agustus 2020
Umum
Share
A to Z Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Saat Si Kecil baru lahir, ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Mulai dari makanan, pakaian, tempat tidur, peralatan mandi, peralatan makan, popok bayi baru lahir terbaik dan masih banyak lagi hal yang harus diperhatikan untuk menjaga tumbuh kembangnya optimal. Selain berburu perlengkapan untuk memastikan kenyamanan Si Kecil, ibu baru atau new moms juga akan menghadapi beberapa hal unik dengan Si Kecil, seperti bingung puting dan sebagainya. Terpenting, nikmati saja prosesnya, jangan dibawa stress ya Moms. 

Saat Si Kecil baru saja lahir, rasa kikuk dan bingung menjalar di diri Moms. Maklum, menambah status sebagai ibu baru bukanlah hal yang mudah. Butuh adaptasi dan juga keluwesan seorang wanita untuk bisa santai dan rileks saat menjadi seorang Moms seutuhnya.

Nah berikut merupakan 4 hal unik yang biasa terjadi saat Si Kecil baru saja lahir ke dunia. Tetap tenang dan jangan panik ya Moms, karena hal itu merupakan hal biasa terjadi.

1. Breastfeeding strike

Saat Si Kecil baru lahir biasanya dia akan kesulitan untuk mencari dan menghisap Air Susu Ibu (ASI) langsung dari payudara. Itu merupakan hal yang lumrah, Moms hanya harus perlu terus melekatkan terus puting susu ke bibir Si Kecil. 

Hal tersebut dinamakan breastfeeding strike alias bingung puting. Kondisi tersebut juga bisa terjadi ketika Moms terlalu cepat mengenalkan dot botol susu ke Si Kecil. Paling tidak, pada usia 4 minggu usia kelahiran, Si Kecil baru bisa dikenalkan dengan dot susu.Karena hal tersebut akan membuatnya rewel sehingga kesulitan untuk menemukan sumber ASI-nya. Jangan juga lupa untuk melakukan skin-to-skin saat menyusui, jangan ada pakaian sebagai pembatas. Sentuhan ringan ini bisa membantu Si Kecil mencari puting Moms dan merasa dekat dengan Moms. 

Bingung puting tidak bisa dibiarkan terjadi terlalu lama, karena ASI eksklusif merupakan hal utama yang mampu mendorong pertumbuhan Si Kecil kelak. Sementara untuk Moms, jika dibiarkan terus terjadi, puting bisa menjadi lecet dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada Moms saat menyusui Si Kecil.

2. Kolik

Kolik adalah kondisi saat Si Kecil menangis secara berlebihan, hingga 3 jam tiap harinya selama beberapa hari berturut-turut. Sebenarnya penyebab kolik belum diketahui secara medis dan dianggap tidak berbahaya. Namun, Moms harus memperhatikan bila selain menangis, sistem pencernaan Si Kecil seperti terganggu. Misal, muntah Si Kecil berwarna hijau atau bayi pipis jauh lebih sedikit.

Biasanya hal ini terjadi karena sistem pencernaan Si Kecil belum bekerja secara sempurna. Oleh karena itu, perlu bantuan Moms untuk melemaskan dan mendorongnya untuk bisa berjalan lancar. Pijatan halus di bagian perut dan punggung bisa membantunya sendawa sehingga terhindar dari kolik. Jika Si Kecil sering bersendawa, maka terjadinya kolik bisa teratasi. 

Ketika pencernaan Si Kecil sedang beradaptasi, perubahan kotoran lunak dan pipis memang tidak bisa dihindari, di beberapa kasus juga kotoran lunak Si Kecil berubah warna menjadi kehitaman. Hal itu wajar sepanjang tidak diare. Moms hanya perlu memperbanyak asupan ASI ke Si kecil, nantinya secara perlahan warna fesesnya akan berubah menjadi lebih terang. 

Ketika memberikan ASI, tentunya akan berdampak dengan pipis dan kotoran lunak bayi. Sehingga, jangan lupa untuk menggunakan popok bayi baru lahir terbaik untuk Si Kecil agar bayi tetap nyaman dan terhindar dari ruam popok. Popok Merries memiliki memiliki terowongan udara yang berguna untuk menjaga sirkulasi udara di dalam popok, memastikan popok dapat menyerap cairan dari pipis dan BAB Si Kecil dengan cepat. Karena frekuensi dari pipis dan BAB Si Kecil bisa berubah, pilih popok yang memiliki indikator penanda cairan. Alarm penanda pipis pada popok Merries juga membantu Moms untuk dapat mengganti popok di waktu yang tepat tanpa repot-repot memeriksa popok terus menerus. Ketika indikator pada popok Merries sudah berubah warna dari kuning ke biru, berarti Moms harus sudah mengganti popok Si Kecil.

3. Bayi Kuning

Masalah lain yang mungkin Moms temukan saat baru melahirkan adalah ketika badan Si Kecil berwarna kuning. Biasanya ini disebabkan oleh bayi yang kurang diberi ASI. Mulai dari kulit hingga mata akan sedikit berwarna kuning jika asupannya kurang. Bila itu terjadi, maka perbanyaklah aktivitas menyusui dan bawa Si Kecil untuk berjemur matahari pagi. Sinar matahari yang baik adalah saat pukul 8 pagi hingga 10 pagi. Tidak perlu jauh-jauh mencari tempat, Moms bisa melakukannya di teras rumah. Biarkan Si Kecil tidur di pangkuan lembut Moms. 

4. Sering menangis

Hal tersebut merupakan respon yang terjadi jika Si Kecil merasa kurang nyaman terhadap lingkungan baru. Maklum, selama 9 bulan di kandungan, Si Kecil hanya berkomunikasi dengan Moms. Cobalah melakukan pijatan halus di seluruh bagian tubuhnya. Biasanya dengan begitu, Si Kecil akan merasa nyaman dan rileks. Jika masih menangis, mungkin ada rasa haus dan lapar, Moms bisa menyusuinya hingga Si Kecil kenyang. Memastikan kebutuhan Si Kecil terpenuhi dengan cepat saat Ia menangis akan membantu Si Kecil merasa nyaman dengan lingkungan di sekitarnya. 

Jangan lupa untuk mengecek popok Si Kecil. Karena bisa jadi tangisannya adalah bentuk komunikasi jika dirinya tidak nyaman dengan popok yang digunakan. Popok bisa terasa pengap sehingga membuat Si Kecil tidak nyaman. Sehingga, Moms harus pastikan ukuran popok tidak terlalu ketat atau memiliki bahan yang lembut berkualitas sehingga bayi bisa merasa nyaman. Salah satunya adalah, popok Merries Tape NB24, popok yang didesain agar menjadi popok bayi baru lahir terbaik.

Bahannya yang lembut membantu membuat Si Kecil merasa nyaman meski popok dikenakan dalam waktu yang lama. Selain itu, popok Merries memiliki teknologi sirkulasi udara yang membantu udara di dalam popok bisa mengalir dengan leluasa. Tidak hanya membantu popok cepat menyerap cairan, popok juga akan terasa sejuk dan tidak pengap. Lapisan terluar popok Merries yang berpori juga membantu uap di dalam popok bisa dikeluarkan, menjaga permukaan di dalam tetap nyaman untuk Si Kecil. Pun nyaman digunakan dalam waktu yang lama, ketika Si Kecil sudah pipis atau pup, sebaiknya Moms segera mengganti popok ya. 

Meskipun banyak sekali pengalaman manis-asam ketika memiliki newborn, Moms harus tetap tenang dan lakukan segalanya secara perlahan. Karena apa yang dirasakan oleh Moms, dirasakan juga oleh Si Kecil. Kelelahan Moms bisa terbantu ketika melihat senyum Si Kecil yang merasa aman dan nyaman. Moms akan merasa semangat kembali setelah melihat senyum Si Kecil. 

Selain berbagai isu yang mungkin akan Moms hadapi saat memiliki anak yang baru lahir, Moms bisa memperhatikan kebutuhan Si Kecil untuk menjaga kenyamanan Si Kecil. Nah berikut merupakan barang yang harus disediakan agar Si Kecil terjaga kenyamanannya. 

1. Peralatan tidur

Biasanya hal ini sudah disiapkan sebelum Si Kecil lahir. Moms bisa mempersiapkan boks tidurnya yang sudah dilengkapi dengan bedset untuknya beristirahat. Pilihlah boks yang cukup tinggi pembatasnya, sehingga nanti setelah besar Si Kecil tidak mudah memanjat ke luar boks tersebut. Jangan lupa untuk mencari bedset yang berbahan halus dan tidak panas. Jadi Si Kecil bisa nyenyak tidur guna tumbuh kembangnya kelak. 

2. Peralatan mandi

Di sini ada cukup banyak yang harus dipersiapkan oleh orang tua baru. Moms bisa membeli alat bantu mandi bayi untuk menjaga bayi tidak terendam secara terus menerus tanpa harus Moms pegangi. Selain itu, Moms bisa mencarian produk sabun, sampo dan juga pasta gigi yang ramah untuk anak. Jangan lupa untuk membelikannya mainan (misalnya bebek-bebekan atau kapal plastik yang bisa mengambang) agar ia tidak bosan, dan juga waslap untuk memudahkan Moms mengelap bagian tubuh Si Kecil.

Pemilihan popok bayi baru lahir terbaik juga harus disiapkan Moms. Pilihlah popok yang memiliki bahan lembut dan halus. Selain itu, perhatikan juga sirkulasi udaranya. Moms Bisa mempercayakan kualitas popok pada Merries. Karena popok Merries memiliki bahan yang lembut untuk Si Kecil, sehingga potensi terjadinya ruam menjadi sangat minim.

3. Peralatan makan

Peralatan makan juga harus disiapkan oleh Moms sekalian. Mulai dari botol minumnya, celemeknya, sendok dan garpu juga kursinya. Hal itu perlu untuk memudahkan Moms menyuapinya. Selain itu, dengan memisahkan piring makan Si Kecil dengan anggota keluarga lainnya, bisa meminimalisir tertularnya virus ke Si Kecil, mengingat metabolisme Si Kecil mungkin belum sepenuhnya berkembang. Perihal peralatan ini, Moms bisa mencicil membelinya, dengan menyesuaikan sesuai kebutuhan Si Kecil. Tentunya bayi yang baru lahir belum akan butuh kursi tinggi, bukan? Merencanakan kebutuhan sesuai usai ini akan membantu Moms mengatur pengeluaran kedepannya.

4. Peralatan menyusui

Moms juga harus membekali diri dengan peralatan menyusui yang pas. Seperti pompa ASI, celemek menyusui dan juga botol untuk ASI-nya. Terlebih untuk working moms, menyediakan ASI saat berada di kantor harus didukung dengan peralatan yang memadai dan steril. Menyusui merupakan aktivitas terbaik yang dilakukan oleh Moms untuk Si Kecil. Karena dengan menyusui, kebutuhan nutrisi Si Kecil bisa terus dijaga dan seimbang. Ketika Moms sedang bekerja dan berpisah dari Si Kecil, pastikan ada yang mengawasi Si Kecil dengan seksama. Khususnya, pastikan popok Si Kecil diganti secara berkala. Salah satu cara agar Moms bisa tenang meninggalkan Si Kecil adalah dengan memilih popok bayi baru lahir terbaik. Salah satunya adalah Merries. Teknologi alarm penanda pipis akan memudahkan penjaga bayi untuk mengawasi apakah popok sudah perlu diganti apa tidak. Juga, dengan perekat yang bisa dilepas pasang, penjaga Si Kecil yang mungkin belum fasih mengganti popok juga akan lebih terbantu untuk memastikan popok terpasang dengan benar.