9 Cara Cepat Hamil yang Bisa Dilakukan

Merries Insight
05 Mei 2021
Umum
Share
9 Cara Cepat Hamil yang Bisa Dilakukan

Bagi Moms yang sedang berpikir untuk menambah buah hati lagi atau masih berjuang menunggu hadirnya Si Kecil, pastinya selalu mencari cara cepat hamil. Sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan agar memastikan kondisi kesehatan dan kesuburan Moms serta Dads. Meskipun kondisi keduanya sehat, namun banyak faktor yang bisa menjadi penentu kehamilan. 

Ketika melakukan program hamil, yang perlu diketahui adalah siklus haid dan masa subur Moms. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahuinya.

Mengetahui Siklus Haid dan Masa Subur

Bagaimana cara agar cepat hamil setelah haid dapat diketahui dengan mengetahui siklus haid, sehingga lebih mudah mengetahui masa subur Moms. Sebelum melakukan program hamil, catatlah kapan waktu haid Moms. Tandai waktu mulai haid hingga selesai haid di kalender. Dengan mencatatnya Moms akan lebih mudah melakukan perhitungan waktu subur.

Cara cepat hamil yang paling penting adalah mengetahui kapan masa subur Moms. Masa subur adalah kondisi dimana wanita memiliki peluang lebih besar untuk hamil. Masa subur terjadi saat indung telur (ovarium) melepaskan sel telur (ovum) yang telah siap untuk dibuahi ke dalam saluran indung telur atau tuba falopi. Biasanya masa subur ini terjadi pada sekitar 14 hari setelah haid dan berlangsung selama 2 hingga 4 hari.

Untuk Moms yang memiliki siklus haid tidak teratur juga tetap bisa menghitung masa subur. Caranya adalah dengan mencari tahu siklus terpanjang dan terpendek haid. Untuk mengetahui masa subur hari pertama, maka cari tahu siklus terpendek Moms lalu kurangi 18. Selanjutnya hari terakhir masa subur Moms dapat diketahui dengan mencari tahu siklus terpanjang kemudian dikurangi sebelas. Misalnya Moms memiliki siklus terpendek 25 hari, maka hari pertama masa subur adalah hari ke 7 setelah hari pertama haid. Kemudian misalkan siklus terpanjang Moms adalah 30 hari, maka hari terakhir masa subur adalah hari ke 19 sejak dimulainya haid.

Baca Juga

Kebiasaan-Kebiasaan yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil Supaya Bisa Melahirkan Normal

Mainan Teether Bisa Rangsang Pertumbuhan Gigi Lebih Cepat, Benarkah?

Mengajaknya Bicara Bisa Membuatnya Lebih Cepat Bicara Pula? Mitos atau Fakta?

Agar Moms lebih mudah menghitung masa subur dapat menggunakan aplikasi kalkulator masa subur yang bisa diunduh pada smartphone. Masa ovulasi atau masa subur juga bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan menggunakan alat tes masa subur yang dapat Moms beli di E-Commerce atau apotek terdekat. Alat ini sangat mudah digunakan seperti halnya menggunakan test pack. Dengan alat tersebut maka Moms jadi dapat mengetahui lebih pasti jika dalam keadaan masa subur.

Setelah mengetahui siklus haid dan masa subur, kemudian Moms bisa mulai melakukan program hamil. Berikut ini diulas beberapa tips bagaimana cara agar cepat hamil yang bisa Moms dan Dads lakukan.

1. Melepaskan Alat Kontrasepsi

Apabila Moms dan Dads masih menggunakan alat kontrasepsi dan merencanakan untuk melakukan program hamil, maka lepaskan terlebih dahulu alat kontrasepsi. Perlu beberapa waktu untuk tubuh beradaptasi kembali setelah melepaskan alat kontrasepsi, terutama untuk alat kontrasepsi yang bersifat hormonal.

2. Berkonsultasi ke Dokter

Baca Juga

Kebiasaan-Kebiasaan yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil Supaya Bisa Melahirkan Normal

Mainan Teether Bisa Rangsang Pertumbuhan Gigi Lebih Cepat, Benarkah?

Kenali 3 Siklus Kesuburan Agar Cepat Hamil

Baik pasangan yang sudah menikah maupun baru akan menikah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan jika ingin melakukan program hamil. Dokter kandungan akan memeriksa kondisi kesehatan keduanya. Apabila terdapat masalah kesehatan, maka akan dapat segera ditangani. Dokter kandungan juga akan mengedukasi bagaimana cara cepat hamil kepada Moms dan Dads.

3. Rutin berhubungan intim 

Salah satu cara cepat hamil adalah dengan meningkatkan frekuensi berhubungan dengan pasangan. Meskipun sudah mengetahui masa subur dengan menghitung siklus haid, namun bisa saja masa tersebut bergeser. Tidak ada salahnya untuk melakukan hubungan di luar masa subur.

4. Menjalankan pola hidup sehat

Kehamilan dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Salah satu cara cepat hamil adalah dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Tidak hanya baik untuk kesehatan Moms, tetapi ini juga akan baik nantinya untuk calon bayi. Pola hidup sehat yang harus dilakukan untuk Moms dan Dads diantaranya :

Baca Juga

Kebiasaan-Kebiasaan yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil Supaya Bisa Melahirkan Normal

Mainan Teether Bisa Rangsang Pertumbuhan Gigi Lebih Cepat, Benarkah?

Ini Trik Mudah Tingkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

  • Waktu istirahat yang cukup, tidurlah selama 7-9 jam setiap malam.
  • Mengonsumsi makanan yang bernutrisi, terutama yang baik untuk kesuburan seperti sayur, buah, daging, dan kacang-kacangan.
  • Membatasi konsumsi kafein, sebaiknya tidak lebih dari 200 mg kafein per hari atau sekitar 1 cangkir kopi dan 2 cangkir teh.
  • Menjaga berat badan, terlalu kurus dan terlalu gemuk tidak baik untuk kesehatan serta kesuburan.
  • Rutin berolahraga, kebugaran tubuh sangat berpengaruh terhadap peluang kehamilan. Lakukan olahraga ringan 10-15 menit seperti jogging, yoga, pilates, berenang, dsb. Tetapi tetap ingat hindari olahraga berlebihan supaya tidak mengganggu kesuburan.

5. Konsumsi Asam Folat

Seperti diketahui bahwa asam folat sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan ternyata salah satu cara cepat hamil bagi Moms juga disarankan untuk mengonsumsi asam folat. Makanan seperti kacang hijau, brokoli, dan bayam memiliki kandungan asam folat. Moms juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat sebagai tambahan. Moms dapat juga mengonsumsi suplemen khusus untuk program hamil yang biasanya sudah terdapat kandungan asam folat dan vitamin lainnya yang baik untuk kesuburan. 

6. Menjaga kualitas sperma

Melakukan usaha cara cepat hamil tak hanya dilakukan oleh Moms saja, tetapi Dads juga perlu menjaga kualitas sperma agar dapat membuahi sel telur. Kualitas sperma Dads harus dijaga agar berada dalam kondisi yang sehat, kuat serta memiliki jumlah yang banyak. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas sperma:

  • Mengurangi konsumsi alkohol. Meminum alkohol dapat menurunkan kadar testosterone dan jumlah sperma, untuk itu kurangi konsumsinya.
  • Berhenti merokok. Sama halnya dengan alkohol, merokok dapat menurunkan kualitas sperma.
  • Jangan sering berendam air panas. Suhu panas dapat membunuh sperma, untuk itu sebaiknya hindari terlebih dulu berendam air panas saat sedang melakukan program hamil.

7. Tidak Khawatir dengan Orgasme

Baca Juga

Mainan Teether Bisa Rangsang Pertumbuhan Gigi Lebih Cepat, Benarkah?

Kenali 3 Siklus Kesuburan Agar Cepat Hamil

Mengajaknya Bicara Bisa Membuatnya Lebih Cepat Bicara Pula? Mitos atau Fakta?

Meskipun orgasme adalah puncak kenikmatan saat berhubungan dengan pasangan, namun ketika melakukan program hamil cobalah lebih santai. Nikmati momen ketika berhubungan, rileks, dan tenang agar tidak mudah stress dan Dads dapat mengeluarkan sperma dengan baik. Meskipun begitu bukan berarti Moms tidak boleh mencapai kepuasan, namun hanya perlu melakukannya secara santai tanpa beban.

8. Hindari Menggunakan Pelumas

Banyak Moms dan Dads yang beranggapan menggunakan pelumas dapat membantu sperma bergerak lebih cepat untuk bertemu dengan sel telur. Nyatanya hal tersebut tidaklah benar, sebaliknya pelumas dapat menghambat program hamil. Hal tersebut karena pelumas dapat mengubah keseimbangan pH di vagina sehingga justru mengurangi mobilitas sperma. Apabila memang Moms dan Dads membutuhkan pelumas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan agar direkomendasikan pelumas yang aman untuk program hamil.

9. Mengelola stress

Kesehatan mental Moms dan Dads tentunya akan mempengaruhi kesehatan. Untuk itu agar cara cepat hamil yang dilakukan berhasil, kelola rasa stress. Jalani program hamil dengan santai dan menikmati setiap proses yang dilakukan.

Baca Juga

Ini Trik Mudah Tingkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Mainan Teether Bisa Rangsang Pertumbuhan Gigi Lebih Cepat, Benarkah?

Kenali 3 Siklus Kesuburan Agar Cepat Hamil

Itulah beberapa cara cepat hamil yang dapat Moms dan Dads lakukan. Ingat untuk selalu berusaha dan berkonsultasi dengan dokter kandungan. Lakukan program hamil dengan santai tanpa tertekan agar berjalan dengan lancar. Jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan dan mintalah dukungan dari orang-orang terdekat agar selalu semangat. Jika Si Kecil telah hadir di tengah keluarga Moms, jangan lupa untuk selalu memberikan yang terbaik baginya. Gunakanlah popok yang lembut dan nyaman yang akan membuatnya selalu tersenyum, seperti popok Merries. Popok Merries tidak hanya lembut tapi juga berdaya serap tinggi. Tak hanya itu, Popok Merries juga dilengkapi dengan alarm penanda pipis dimana garis kuning akan berubah menjadi biru apabila popok sudah penuh. Moms juga tidak perlu khawatir Si Kecil merasa pengap dan mengalami iritasi kulit di area yang tertutup popok karena Merries memiliki sirkulasi yang sangat baik. Tidak heran kalau Merries menjadi popok pilihan Moms No. 1 di Jepang.

Referensi:

https://hellosehat.com/kehamilan/kesuburan/cara-cepat-hamil/
https://www.alodokter.com/merencanakan-kehamilan