5 Tips Mengatasi Anak Pilih-Pilih Makanan

Merries Insight
17 Agustus 2014
Kesehatan
Share
5 Tips Mengatasi Anak Pilih-Pilih Makanan

Makanan merupakan sumber nutrisi yang utama, anak yang hanya mau mengkonsumsi menu makanan tertentu memerlukan penanganan khusus agar mau mengkonsumsi menu makanan yang lebih bervariasi. Hal ini penting bagi kecukupan nutrisi anak tersebut dan akan berdampak langsung pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Memaksa anak untuk memakan makanan yang tidak disukainya hanya akan meningkatkan penolakan anak terhadap jenis makanan tersebut.

Ada beberapa metode yang dapat dicoba ketika Moms harus menghadapi anak pemilih makanan.

1. Olah makanan sesuai kesukaan anak

Salah satunya adalah mengolah makanan yang tidak disukai anak dengan bumbu atau cara memasak makanan yang disukainya, metode ini mungkin hanya berlaku untuk beberapa jenis makanan namun tetap dapat dicoba.

2. Kreatif dengan tampilan makanan

Mengubah penampilan makanan yang kurang disukai agar terlihat lebih menarik merupakan metode lain yang cukup sederhana dan dapat dicoba Moms.

3. ‘Sulap’ sayuran

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang tidak disukai anak, mengolah sayuran menjadi cemilan dengan bahan dasar sayuran dapat dilakukan guna menyamarkan bentuk dan rasa. Membuat jus sayuran merupakan alternatif lain, mencampur sayuran dengan buah yang disukai anak ketika membuat jus juga dapat menyamarkan rasa ataupun bau sayuran yang kurang disukai.

4. Berikan penghargaan

Memberi reward atau “hadiah” berupa makanan yang disukai setelah makan makanan yang kurang disukai dapat menjadi salah satu strategi Moms.

5. Alihkan perhatian

Menyuapi anak ketika tengah sibuk atau asyik bermain merupakan solusi sederhana yang seringkali berhasil.

Itulah beberapa tips dan trik cara mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan. Semoga bermanfaat ya, Moms!