5 Cara Menenangkan Bayi Rewel

Merries Insight
06 Desember 2014
Umum
Share
5 Cara Menenangkan Bayi Rewel

Kadang para orang tua tidak mengetahui penyebab kenapa buah hatinya menangis sehingga mereka bingung apa yang seharusnya dilakukan untuk menenangkan bayi. Jika Moms adalah salah satu mama yang sering kerepotan saat menghadapi buah hatinya yang rewel berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Moms menenangkan si kecil yang menangis atau rewel.

  1. Membedong bayi

Moms mungkin berpikir bahwa bayi yang dibedong akan merasa terkekang. Namun bagi bayi yang sedang rewel atau menangis, dibedong akan membuat bayi merasa terbiasa dan perutnya terasa lebih nyaman karena hangat.

  1. Mengubah posisi

Bila Moms sudah menggendong si kecil yang rewel menghadap ke atas tetapi cara ini masih belum membantu, maka cobalah posisi yang lain. Memegang si kecil menghadap ke bawah dan posisi tangan di bawah perut serta kepalanya di lengan Moms mungkin dapat membantu menenangkannya. Tekanan di perut akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman si kecil.

  1. Ssst

Mengucapkan “ssst” atau “shhhh” di telinga si kecil secara perlahan benar – benar mampu menenangkannya. Walaupun Moms dapat mulai dengan mengucapkannya secara lembut dan tenang, tetapi sebaiknya diucapkan dengan keras sehingga si kecil dapat mendengarkan Moms melebihi suara tangisannya sendiri.

  1. Memijat

Ingatkah Moms bahwa kekuatan sentuhan ibu pada bayi yang sedang rewel efektif untuk membantu menenangkannya. Sebagian besar bayi sangat menyukai kontak kulitn dengan kulit. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa bayi yang sering dipijat tidur lebih baik dan lebih jarang menangis. Selain dipijat, Moms juga dapat mengusap – usap perut si kecil agar ia lebih nyaman dan hangat.

  1. Membuat bayi bersendawa

Bayi yang sedang menangis atau rewel cenderung menelan banyak udara. Hal ini dapat menyebabkan si kecil kembung dan merasa tidak nyaman sehingga membuat tangisan si kecil semakin buruk. Untuk itu, cobalah buat si kecil agar ia bersendawa. Caranya tepuk – tepuk punggungnya secara lembut

  1. Menghibur

Jika bayi sedang rewel atau menangis, Moms dapat menghiburnya misalnya dengan memainkan mimik wajah yang lucu atau menyanyikan lagu yang disukai si kecil. Ketika terhibur, pasti perhatian si kecil akan teralihkan dan berhenti rewel.