4 Tips Mengajari Bayi Berenang

Merries Insight
30 Januari 2015
Kesehatan
Share
4 Tips Mengajari Bayi Berenang

Sebagian besar bayi senang bermain air. Hal itu ditunjukkan dengan mereka yang senang berlama–lama mandi atau tidak mau beranjak dari bak mandi. Mengapa tidak mengajarkannya berenang? Lagi pula berenang adalah olahraga yang sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti mampu meningkatkan kebugaran, pembentukan otot bayi, dan menjadi ketrampilan untuk menjaga keselamatannya saat dewasa kelak

Penelitian juga menyebutkan bayi yang sering berenang memiliki kemampuan pemahaman dan kemampuan keseimbangan yang lebih baik dibandingkan bayi yang tidak. Perbedaan tersebut akan nampak saat bayi berusia 5 tahun. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengajarkan bayi berenang.

Perhatikan Usia Bayi

Moms dapat mengajarkan bayi berenang saat bayi sudah berusia 4 bulan–6 bulan. Bayi dengan usia kurang dari itu tidak disarankan untuk berenang karena suhu bayi dapat menurun drastis. Selain itu, Moms juga perlu memastikan suhu air di kolam renang juga cukup hangat.

Kursus Renang

Bila Moms belum bisa berenang, sebaiknya ambil kursus renang untuk membantu Moms mengajarkan si kecil berenang dengan baik dan benar.

Kunjungan Pertama Ke Kolam

Saat pertama kali ke kolam renang, ajak si kecil melihat – lihat suasana di kolam renang dulu. Ini bertujuan untuk membiasakan anak dengan lingkungan air. Waktu yang baik untuk pergi ke kolam renang adalah saat jam sekolah. Pasalnya saat itu si kecil tidak akan terganggu oleh anak–anak lain yang lebih besar.

Mengajak Teman

Kunjungan pertama di kolam renang bisa jadi cukup menegangkan. Jadi saat Moms pertama kali membawanya ke kolam sebaiknya bersama dengan teman atau pasangan sehingga Moms tidak akan kerepotan. Moms juga dapat mengatur kunjungan bersama dengan teman yang mempunyai bayi berusia sebaya sehingga dapat saling membantu.

Masuk ke Kolam

Saat pertama kali masuk, pastikan masuk di bagian kolam renang terdangkal. Ketika turun ke kolam, jarak antara Moms dengan bayi harus dekat. Wajah bayi menghadap Moms dan pertahankan kontak mata. Bila sudah biasa, Moms dapat memegangnya agak jauh. Biarkan si kecil bermain air sesuka hatinya. Jika anak sudah lebih besar, Moms dapat mengajaknya berjalan di air dan berkeliling. Jika sudah siap, cobalah mengapung dengan posisi si kecil hanya memegang tangan Moms.