4 Tips Jitu Memilih Tempat Penitipan

Merries Insight
03 Februari 2015
Umum
Share
4 Tips Jitu Memilih Tempat Penitipan

Tempat penitipan anak atau daycare menjadi salah satu alternatif yang banyak dipertimbangkan oleh orangtua saat ini jika anaknya tidak memiliki pengasuh di rumah. Namun memiliki tempat penitipan yang cocok dan bagus bukanlah hal yang mudah karena nantinya bayi Moms akan berada di tempat tersebut seharian atau selama Moms bekerja. Oleh sebab itu, banyak faktor yang harus dipertimbangkan dengan matang.

Setidaknya ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi oleh tempat penitipan. Pastinya tempat tersebut harus sesuai untuk anak supaya ia merasa nyaman, aman, dan bahagia. Tidak hanya sampai di situ saja, anak juga tetap perlu mendapat pengasuhan, belajar dan kesempatan bermain di situasi yang menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih tempat penitipan:

Mengumpulkan Informasi

Sebagai langkah awal, dapatkan informasi sebanyak-banyakya tentang tempat penitipan yang baik di sekitar Moms. Info tersebut dapat diperoleh dari tetangga, saudara, rekan kerja, atau bahkan dari rekomendasi di internet

Mempertimbangkan Jarak dan Biaya

Setelah menentukan beberapa pilihan, Moms tentu harus mempertimbangkan jarak tempat penitipan tersebut. Pilihlah yang masih dapat dijangkau misalnya dekat dengan rumah atau dekat dengan tempat kerja. Selain itu, Moms juga perlu mempertimbangkan biayanya karena biaya antara tempat penitipan yang satu dengan yang lain sangat beragam.

Mengenali Lebih Dalam

Sebelum menjatuhkan pilihan, kenali tempat-tempat penitipan tersebut secara lebih dekat seperti mengecek bentuk fisik bangunan, ruangan, jumlah pengasuh, arena bermain anak, dan perbandingan jumlah pengasuh dengan anak yang dititipkan. Seorang pengasuh idealnya mengasuh maksimal 4 anak. Moms juga perlu mengetahui reputasi dan kredibilitas tempat penitipan tersebut seperti izin operasi dan tenaga ahli yang mendukung seperti psikolog anak, dokter anak, dll.

Tempat Penitipan Bayi Dibawah 1 Tahun

Jika buah hati Moms usianya masih di bawah 1 tahun, Moms harus lebih cermat dalam memilih tempat penitipan. Moms perlu mencari tahu keterampilan dan pengalaman pengasuh yang akan mengasuh dan menjaga buah hati Moms. Lihat kondisi ruang tidur dan tempat bermain bayi. Pastikan pengasuh yang akan menjaga bayi Moms sudah profesional dan berpengalaman.