4 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Tempat Penitipan Anak

Merries Insight
29 April 2014
Umum
Share
4 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Tempat Penitipan Anak

Menitipkan anak di tempat penitipan anak banyak sekali manfaatnya jika dibandingkan menitipkan anak kepada orang tua atau pengasuh anak. Tetapi, tentu saja hasil maksimal akan Moms peroleh ketika Moms menitipkan anak Moms di tempat penitipan anak yang tepat dan memiliki kualitas yang baik. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan tempat penitipan anak yang sesuai.

1. Ruangan

Pastinya ruangan dan juga lingkungan tempat penitipan anak ini harus bersih, aman dan juga nyaman bagi anak. Selain itu, lihat juga taman bermainnya, ada pagar yang menghalangi anak untuk berlari ke jalan raya dan juga peralatan yang berada di sana terawat baik. Usahakan mencari tempat penitipan anak yang memiliki petugas keamanan khusus, supaya keamanan anak Moms lebih terjamin.

2. Pengasuh Anak

Untuk masalah pengasuh anak, sebaiknya rasio pengasuh anak harus tidak lebih dari 10 berbanding 1 untuk anak-anak pra sekolah. Pastikan juga pengasuhnya akan mau turun dan juga selalu berinteraksi langsung dengan anak-anak yang ada di sana. Bagaimanapun juga mereka harus aktif terlibat dalam permainan yang dimainkan anak-anak, tidak hanya sekadar mengawasi saja di pinggir ruangan. Lihat juga tingkat pendidikan dan juga kesigapan pengasuh yang ada di sana.

3. Pegawai

Cara tempat penitipan anak tersebut dalam mempertahankan dan memperlakukan pengasuhnya perlu mendapat perhatian khusus dari Moms. Bagaimana pemilik tempat penitipan itu memperlakukan karyawannya dan juga bagaimana karyawan tersebut bersikap satu sama lain. Secara sederhana, karyawan yang menerima perlakuan yang baik, sudah dipastikan akan bersikap baik dan juga riang kepada siapa pun yang ditemuinya di sana, termasuk kepada anak-anak yang dititipkan di sana.

4. Kebijakan Antar Jemput

Moms perlu mempelajari bagaimana kebijakan tempat penitipan anak itu dalam mengijinkan kunjungan orang luar selain keluarga. Apakah mereka akan menolak melepaskan anak asuhannya selain kepada anggota keluarga yang ditunjuk oleh Moms? Apakah penitipan anak tersebut sudah cukup bila orangtua hanya mengantar dan anak bisa langsung ditinggal disana? Dan berapa kali jadwal jenguk anak-anak oleh anggota keluarganya? Semua itu harus Moms perhitungkan.