4 Hal Penting Disiapkan Menjelang Persalinan

Merries Insight
29 Juni 2020
Umum
Share
4 Hal Penting Disiapkan Menjelang Persalinan

Moms, memasuki trimester akhir adalah masa yang paling dinanti sekaligus menegangkan. Terlebih bila Moms mengandung calon anak pertama.  Pikiran dan perasaan sepertinya campur aduk.  Untuk mengatasi itu, Moms perlu menyiapkan fisik dan mental dengan maksimal. Tak kalah penting adalah dukungan keluarga. Oh ya, pastinya Moms juga sudah harus mempersiapkan kebutuhan atau perlengkapan bayi baru lahir. Yuk, kita simak uraian selengkapnya.

1. PERSIAPAN FISIK

Proses melahirkan membutuhkan kesiapan fisik yang paripurna. Ya, saat melahirkan, Moms akan berjuang sekuat tenaga, terlebih bagi yang berencana melahirkan dengan proses normal. Untuk itu, perlu kesiapan yang baik sehingga kondisi tubuh dan tenaga Moms mendukung saat proses persalinan kelak. Nah, apa saja faktor yang mempengaruhi kesiapan fisik ini? Berikut di antaranya: 

  • Makanan Bergizi Seimbang

Makanan sehat yang bergizi seimbang tidak hanya dibutuhkan saat mempersiapkan kehamilan dan awal kehamilan. Bahkan, di sepanjang kehamilan hingga menjelang persalinan pun, konsumsi asupan bergizi sangat dibutuhkan.  Pada awal kehamilan, asupan makanan yang sehat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin. Nah, bagi Moms yang akan menjalani proses persalinan, salah satunya perlu kekuatan fisik saat mengejan.  Karena itu, Moms perlu kekuatan fisik dengan dukungan makanan bergizi seimbang. 

Asupan gizi seimbang yang perlu dipenuhi oleh Moms ada dua unsur, yaitu gizi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan gizi mikro (vitamin dan mineral seperti asam folat, zat besi, kalsium).   Upayakan jadwal makan yang teratur, yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Lalu, diselingi makanan camilan di antara dua waktu makan utama. 

  • Olahraga

Olahraga juga penting dilakukan di trimester ketiga atau menjelang persalinan. Tentunya pilih olahraga yang sederhana ringan ya Moms. Selain kondisi badan jadi fit dan bugar, olahraga juga bisa mempermudah proses persalinan.  Nah, salah satu  contoh yang bisa dilakukan Moms adalah jalan kaki selama 15 menit per hari. Dengan persiapan fisik yang optimal, diharapkan Moms akan merasa lebih tenang dan siap menyambut kelahiran Si Kecil. 

2. PERSIAPAN MENTAL 

Tak kalah penting, Moms juga perlu menyiapkan mental yang prima demi kelancaran persalinan kelak. Rasa cemas, takut, stres bahkan rasa sakit yang dialami saat persalinan, bisa berkurang bila Moms siap secara mental. Nah, apa saja yang bisa dilakukan agar mental lebih kuat? Berikut di antaranya:

  • Berpikir positif

Tetaplah berupaya untuk selalu berpikir positif, walaupun hal-hal yang kurang menyenangkan dialami. Dengan berpikiran positif, Moms akan merasa lebih tenang serta semangat menghadapi proses persalinan.

  • Istirahat yang cukup

Meski tubuh dan perasaan tak nyaman, Moms perlu mengusahakan istirahat yang cukup. Kualitas tidur yang baik, penting bagi kesehatan mental. Bahkan, istirahat yang cukup juga membuat emosi terkendali. Ketika Moms merasa lelah, upayakan untuk rehat sejenak, ya!

  • Perluas wawasan

Agar Moms semakin percaya diri dan tidak takut menghadapi persalinan, ada baiknya menambah pengetahuan, misalnya dengan membaca literatur atau bahkan mengikuti kelas parenting. Di kelas ini Moms bisa mendapatkan banyak informasi tentang persiapan melahirkan agar lancar, teknik pernapasan, cara mengurangi sakit saat persalinan dan sebagainya. Moms bisa juga menyimak tayangan atau video mengenai metode persalinan baik normal maupun operasi sesar, persalinan dengan epidural dan sebagainya. Hal ini penting bagi Moms agar lebih siap menghadapi persalinan nanti.

3. DUKUNGAN KELUARGA

Dukungan keluarga bagi ibu hamil juga sangat penting diperhatikan. Lalu, siapa dan seperti apa dukungan yang bisa diberikan bagi bumi menjelang persalinan?

  • Dukungan suami

Moms mungkin pernah mendengar istilah suami siaga. Ya, dukungan suami merupakan salah satu persiapan persalinan yang sangat penting. Kenapa? Karena peran suami siaga dibutuhkan untuk mendampingi dan mendukung istri secara emosional. Suami siaga akan memberi rasa nyaman pada istri saat melahirkan. Selain mendukung penuh saat persalinan, suami siaga juga siap untuk berbagi tugas menjaga dan mengasuh bayi setelah lahir ke dunia. Perhatian yang penuh dari suami siaga juga dapat memicu produksi ASI. 

Pastinya bantuan dan dukungan suami sangat diperlukan pada minggu-minggu awal usai persalinan. Moms membutuhkan banyak istirahat usai persalinan sehingga butuh bantuan orang yang paling dekat. Berikan perhatian, ciptakan rasa nyaman dan jaga komunikasi yang baik agar selama proses melahirkan dan mengasuh anak semuanya berlangsung lancar.

  • Dukungan keluarga

Dukungan keluarga menjelang persalinan juga sangat penting. Ya, anggota keluarga lain juga berperan dalam mendukung Moms agar lebih siap saat melahirkan dan menjadi ibu nantinya. Bentuk dukungan dari anggota keluarga lain misalnya menemani, mengunjungi, memberi semangat atau memberi bantuan yang bisa dilakukannya.

  • Dukungan dari lingkungan

Dukungan dari lingkungan, misalnya tetangga, juga penting dan dibutuhkan ibu hamil menjelang persalinan. Teman atau tetangga bisa memberikan nasihat positif, berbagi pengalaman saat hamil dan persalinan, bahkan membantu menyiapkan keperluan saat mau melahirkan. 

Nah, dengan adanya dukungan dari berbagai pihak dan orang-orang terdekat Moms akan lebih merasa tenang dan nyama, terlebih saat menjelang melahirkan. Berikut beberapa manfaat yang bisa dipetik dari adanya dukungan bagi ibu hamil:

  • Moms akan lebih merasa percaya diri untuk menghadapi proses persalinan, bahkan hingga masa menyusui dan mengasuh bayi baru lahir nanti.
  • Moms tidak merasa cemas, takut atau stres. Ini sekaligus menjaga kondisi fisik ibu hamil untuk terus semangat dan kuat hingga masa persalinan tiba.
  • Moms merasakan ketenangan dan nyaman sehingga sangat berpengaruh pada proses persalinan secara normal.

4. PERLENGKAPAN BAYI BARU LAHIR

Nah, persiapan lainnya yang tak kalah penting adalah perlengkapan bayi baru lahir. Agar Moms merasa tenang, sebaiknya menyiapkan kebutuhan secara bertahap hingga menjelang persalinan. Apalagi bila ini merupakan kelahiran anak pertama yang biasanya butuh persiapan ekstra. Lalu, persiapan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan Si Kecil yang baru lahir? 

Perlengkapan bayi baru lahir tentunya ada beragam jenis, misalnya pakaian, peralatan mandi, perlengkapan tidur hingga perlengkapan menyusui. Berikut ini perlengkapan yang perlu Moms siapkan sebelum Si Kecil lahir:

  • Popok. Pastikan Moms menyediakan popok untuk bayi baru lahir. Ada dua pilihan, popok kain dan popok sekali pakai. Bayi pastinya akan lebih sering buang air kecil dan buang air besar dibandingkan orang dewasa. Popok sekali pakai dapat Moms pilih karena lebih higienis dan efisien. Pilih popok bayi sekali pakai yang berkualitas untuk memastikan kenyamanan bayi. 
  • Siapkan pakaian bayi, baik baju panjang dan pendek dengan bahan katun agar nyaman. Begitu juga, siapkan celana bayi baru lahir berbahan nyaman.
  • Topi, sarung tangan dan kaus kaki juga penting agar bayi merasa hangat dan nyaman. Topi bisa menghangatkan kepala dan telinganya.  Sarung tangan juga bisa mencegah kuku tidak menggores kulit.
  • Perlengkapan mandi, Moms perlu menyiapkan bak mandi bayi, waslap, handuk. Untuk sabun, pilih yang khusus bayi agar tidak menimbulkan iritasi karena kulitnya masih sensitif.
  • Perlengkapan tidur, yang perlu disiapkan di antaranya tempat tidur bayi, perlak, dan kelambu. 
  • Terakhir yang tak kalah penting, perlengkapan menyusui seperti pompa ASI, wadah untuk ASI, kulkas untuk menyimpan ASI.

Jangan lupa Moms, menjelang persalinan, siapkan satu koper atau tas khusus berisi perlengkapan bayi. Maka ketika sudah waktunya ke rumah sakit untuk melahirkan, Moms sudah siap dengan peralatan Si Kecil. Semoga persalinannya lancar ya Moms!