4 Aturan Ibu Hamil dalam Berkendara Sendiri

Merries Insight
27 November 2014
Umum
Share
4 Aturan Ibu Hamil dalam Berkendara Sendiri

Ibu hamil memang memerlukan perhatian ekstra karena ibu hamil selain menjaga diri sendiri juga harus menjaga keselamatan bayi yang ada di dalam kandungan. Saat hamil, bukan berarti ibu hamil harus selalu dirumah duduk diam dan beristirahat. Ibu hamil masih dapat melakukan berbagai aktivitas namun porsinya perlu dikurangi. Banyak ibu hamil masih bepergian sendiri tanpa diantar oleh suami atau orang lain. Berkendara sendiri saat hamil memang tidak dilarang, tetapi ibu hamil harus memperhatikan beberapa hal agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Apalagi berkendara sendiri saat hamil juga lebih berisiko dibanding saat tidak hamil. Berikut ini adalah beberapa aturan ibu hamil ketika ingin berkendara sendiri.

Menggunakan Pengaman

Pengaman selama berkendara adalah hal yang penting. Bila Moms berkendara dengan motor, maka kenakanlah helm untuk melindungi kepala dan jaket untuk menjaga tubuh dari terpaan angin kencang. Sedangkan untuk ibu hamil yang membawa mobil, sebaiknya selalu gunakan sabuk pengaman sehingga posisi tubuh tetap terjaga saat mengerem mendadak

Berkendara Perlahan

Jika biasanya Moms selalu mengebut saat mengemudikan mobil atau naik motor, maka untuk sementara waktu kebiasaan ini sebaiknya dihentikan. Berkendaralah secara perlahan dan nikmatilah perjalanan. Mengebut cenderung akan membuat pikiran merasa tertekan dan buru – buru sehingga menyebabkan stress. Tidak ada alasan untuk buru – buru selama hamil.

Memilih Jalan yang Bagus

Selama hamil, hindari berkendara melewati jalanan yang bergelombang atau tidak rata. Kondisi jalanan yang tidak memadai akan menimbulkan goncangan yang dapat berdampak kurang baik terhadap kehamilan. Jadi jika ingin berkendara sendiri, pastikan Moms melewati jalanan yang kondisinya bagus dan rata

Memilih Waktu yang Tepat

Bagi Moms yang tinggal di kota besar tentu saja wilayah tersebut rawan kemacetan. Bila Moms ingin berkendara sendiri, maka sebaiknya Moms berkendara pada saat jam yang tidak sibuk. Jam sibuk adalah saat orang–orang berangkat kerja dan pulang kerja. Terjebak macet saat berkendara tentu akan membuat Moms merasa kesal, stress, dan frustasi. Hal ini dapat berdampak kurang baik terhadap kehamilan.