3 Kelebihan Sekolah Internasional

Merries Insight
08 Januari 2015
Kesehatan
Share
3 Kelebihan Sekolah Internasional

Ketika si usia kecil dirasa sudah siap untuk sekolah, Moms tentu akan mulai mencari sekolah yang bagus untuk pendidikan si kecil. Sebagian Moms mungkin mempertimbangkan anaknya untuk masuk ke sekolah internasional. Moms yang memilih sekolah internasional untuk buah hatinya yakin dan berharap bahwan sekolah internasional lebih baik dan berprestasi daripada sekolah lainnya. Dengan memasukkan si kecil ke sana, Moms berharap si kecil nantinya dapat bersaing dengan mudah di dunia global saat ia besar nanti. Namun apakah benar sekolah internasional adalah yang terbaik dengan segala kelebihannya?

Perbedaan Kurikulum

Bila sekolah nasional berpedoman pada kurikulum internasional, maka sekolah internasional pun menggunakan kurikulum internasional dalam proses pendidikannya seperti International Baccalaureate (IB), Cambridge, IPC, Montessori, dan masih banyak lagi. Berdasarkan kurikulum internasional itu, semua bahan ajar akan disampaikan menggunakan bahasa Inggris . Para orang tua beranggapan bahwa kurikulum internasional ini akan membuat si kecil menjadi lebih pandai daripada belajar di sekolah nasional, khususnya anak juga akan lebih mahir berbahasa Inggris.

Lebih Mementingkan Proses

Pendidikan di sekolah internasional lebih mementingkan proses bagaimana anak belajar dan menyerap materi pelajaran yang diberikan sehingga penilaian akhirnya kebanyakan berupa portofolio hasil pekerjaan anak bukan hanya sekedar nilai angka. Selain itu sekolah juga mengakomodasi kebutuhan masing – masing individu yang berbeda – beda. Sementara itu sekolah nasional saat ini kebanyakan masih lebih mementingkan hasil akhir berupa nilai atau skor berupa angka. Padahal dalam pendidikan yang paling penting adalah proses bukan hasil akhir.

Kebutuhan Anak Terakomodasi

Sekolah internasional kebanyakan mampu mengakomodasi kebutuhan masing – masing anak. Bahkan beberapa kurikulum memberi kebebasan anak untuk memilih sendiri aktivitas belajar mereka sehingga anak dapat belajar sesuai dengan kemampuannya. Sekolah internasional cenderung memberi kebebasan lebih pada anak dibandingkan sekolah biasa sehingga anak lebih berpeluang untuk berekspresi.

Namun sebelum Moms memasukkan si kecil ke sekolah internasional, pastikan bahwa si kecil sudah siap sekolah, ia cocok dengan sekolah yang Moms pilih dan dapat mengikuti sistem yang ada di sekolah