Yuk, Terapkan Rewarding System untuk Memotivasi Si Kecil

Merries Insight
29 Januari 2016
Umum
Share
Yuk, Terapkan Rewarding System untuk Memotivasi Si Kecil

Motivasi adalah bagian yang penting dalam mendidik si kecil, karena dengan motivasi yang Moms berikan akan menambah kekuatan tersendiri pada si kecil. Tetapi ternyata masih banyak orang tua yang kurang bisa memotivasi si kecil karena mereka rasa hal itu cukup sulit. Moms tidak perlu khawatir lagi karena Moms bisa menggunakan rewarding system untuk membangun atau menumbuhkan semangat si kecil. Sistem ini bisa Moms gunakan untuk memotivasi si kecil supaya lebih percaya diri dalam berprestasi.

Dengan menggunakan rewarding system, si kecil akan merasa usaha yang dia lakukan dalam suatu hal dihargai. Ambil contoh, misalkan ketika si kecil mau dengan senang hati membantu ibu melakukan suatu pekerjaan rumah atau mendapatkan prestasi yang baik di sekolah, Moms bisa mengapresiasi dengan memberikan hadiah yang bisa membuat si kecil semakin semangat lagi dalam melakukan hal positif. Sebenarnya dalam menggunakan rewarding system, hadiah yang bisa diberikan oleh Moms bukan hanya barang-barang saja, tetapi bisa juga dengan pujian atau ucapan terima kasih kepada si kecil.

Dalam menggunakan sistem ini, barang-barang atau uang sebenarnya kurang efektif bagi si kecil, karena ia akan menjadi ketergantungan dengan reward itu. Dengan pujian Moms pun sudah bisa membuat si kecil menjadi dihargai, dan sekaligus mengajarkan sifat ikhlas dengan memberi tanpa mengharapkan sesuatu dari orang lain. Mungkin memberikan hadiah berupa barang atau uang bisa diberikan sekali atau dua kali, tetapi berikanlah barang yang bisa bermanfaat bagi si kecil atau mungkin ajak si kecil untuk mengunjungi wisata edukasi ketika ia melakukan sesuatu yang positif.

Untuk menggunakan rewarding system, Moms tidak perlu melakukannya terus-menerus hingga dewasa. Moms bisa sedikit mengurangi perlahan-lahan seiring pertumbuhan si kecil hingga dewasa. Mom juga bisa mengajarkan si kecil dengan mencari motivasi internal dari dalam dirinya sendiri.

Ketika si kecil sudah mulai beranjak dewasa, Moms bisa meningkatkan motivasi internal pada si kecil dengan cara memancingnya untuk merasa puas dengan hasil pekerjaannya sendiri. Perlu digarisbawahi di sini, Moms tidak mengajarkan si kecil untuk mudah merasa puas, justru Moms mengajarkannya untuk menghargai kerja kerasnya sendiri seberapapun itu. Dengan menggunakan rewarding system bisa dikatakan mudah tetapi juga sulit, karena Moms harus benar-benar memerhatikan si kecil dalam masa pertumbuhannya. Namun, seharusnya hal ini bukanlah menjadi masalah besar untuk Moms yang memang harus selalu memperhatikan si kecil.

Pada si kecil, Moms bisa mulai dari mengajarinya mandi minimal dua kali sehari, dan bisa menjelaskan kalau mandi bisa menghilangkan kuman yang menyebabkan penyakit sekaligus membuat badan menjadi lebih sehat. Jadi, si kecil akan mulai berpikir akan pentingnya mandi bagi dirinya sendiri. Nah, itu tadi sedikit ulasan bagaimana cara menggunakan rewarding system bagi Moms untuk si kecil.