Yuk Moms Buat Fried Chicken yang Sehat

Merries Insight
02 November 2015
Umum
Share
Yuk Moms Buat Fried Chicken yang Sehat

Moms, tidak hanya Upin Ipin saja lho yang suka ayam goreng, si kecil dan bahkan anda sendiri pasti suka kan? Bagaimana tidak, rasanya yang dan crispy (ayam goreng tepung), telah membuat siapapun orangnya akan tertarik untuk sekedar mencicipinya.

Tapi apakah anda tahu cara mengolah ayam goreng yang lezat tapi tetap sehat? Berikut merupakan trik membuat ayam goreng lezat dan sehat.

Buang kulitnya

Lho, bukankah kulitnya yang justru akan memberikan rasa gurih kepada ayam goreng tersebut? Memang benar, tapi perlu di ingat jika pada bagian kulit inilah terkandung banyak lemak yang justru akan merugikan kesehatan anda. Jadi sebaiknya sisihkan bagian ini untuk di kukus atau di rebus.

Gunakan rempah-rempah sebagai pelapis

Kalau anda tidak ingin kehilangan rasa gurih karena kulitnya disisihkan, coba ganti dengan beberapa rempah-rempah seperti oregano, paprika dan cabai. Ingat Moms, kunci menyajikan makanan dengan kualitas tinggi adalah, kreativitas anda dalam menggunakan bumbu-bumbu yang tersedia di dapur.

Gunakan tepung jenis lain

Banyak bahan tepung yang bisa dijadikan sebagai pelapis ayam goreng, dari mulai tepung jagung atau tepung maizena, tepung beras, tepung tapioka, tepung roti atau bahkan tepung panko. Untuk menambah cita rasa, anda bisa menambahkan beberapa jenis bumbu sebelum digoreng.

Buat nugget sendiri.

Biar nggak bosan, sesekali coba dong ganti menu ayam goreng dengan nugget hasil buatan anda sendiri. Selain untuk menghindari penambahan bahan pengawet, dengan membuat nugget ayam sendiri anda bisa menambahkan beberapa bahan lainnya sesuai selera, seperti bayam, wortel, kacang polong dan lainnya.

Tidak mengonsumsinya setiap hari

Sekali atau dua kali dalam seminggu sih masih wajar, tapi jangan sampai setiap hari anda sekeluarga mengonsumsi ayam goreng. Selain untuk mencegah kebosanan, tidak mengonsumsi ayam goreng pun berpeluang untuk menghindarkan anda dari obesitas.

Tidak pakai jelantah

Minyak jelantah atau minyak bekas pakai mengandung asam lemak yang sangat berbahaya untuk anda. Selain menimbulkan obesitas, minyak jelantah pun bisa membuat masakan sehat anda menjadi tidak sehat. Untuk itu, gunakan minyak baru untuk menggoreng adonan ayam anda.

Bagaimana Moms, sudah punya gambaran bagaimana cara hidup sehat dengan konsumsi ayam goreng? Yuk mulai sekarang kita lebih berhati-hati lagi dalam memilih dan mengolah makanan demi kesehatan anda dan keluarga. Selamat menjalankan gaya hidup sehat Moms!