Yuk, Kenali Bakat Terpendam Si Kecil

Merries Insight
28 Februari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Yuk, Kenali Bakat Terpendam Si Kecil

Selalu ada sesuatu yang telah dibawa sejak lahir Moms, salah satunya ialah bakat. Bakat ini merupakan sesuatu yang lahir bersama si kecil. Sehingga, bakat sudah menjadi milik si kecil sedari ia masih di dalam kandungan. Nah, Moms harus pandai mengenali bakat yang dimiliki si kecil, sehingga Moms pun lebih mudah dalam mengarahkan si kecil mengembangkan bakatnya. Cara mengenali bakat si kecil dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana Moms, asalkan Moms benar-benar memberikan perhatian kepada si kecil.

Sebagai sosok orang tua, pasti Moms-lah yang benar-benar mengenali si kecil, begitu juga dengan bakat terpendam yang ia miliki. Karena itu, Moms juga perlu menggali bakat-bakat yang dimilikinya, salah satunya dengan melakukan observasi. Moms bisa mengamati perkembangan si kecil, memperhatikan mimik wajah saat sedang melakukan suatu aktivitas, dan membina interaksi dengannya. Jadi, cara mengenali bakat si kecil dapat Moms lakukan sambil menjalin interaksi dengan si kecil.

Ketika memantau perkembangan si kecil, Moms akan melihat kegiatan yang senang ia lakukan. Setelah itu, Moms bisa berperan sebagai fasilitator yang menyediakan beberapa macam media yang mendukung aktivitasnya tersebut. Dengan begitu, si kecil akan semakin kaya dengan pengalaman. Si kecil pun akan lebih antusias dan bersemangat karena mendapat dukungan dari orang tuanya.

Dengan melihat si kecil melakukan suatu aktivitas tertentu, Moms akan tahu si kecil lebih ahli dan mahir di bidang apa, ia lebih cepat tanggap dalam menjalani kegiatan apa, dan akhirnya si kecil akan bisa memilih apa yang ia sukai ketika ia sudah banyak memiliki pengalaman dalam berkegiatan.

Cara mengenali bakat si kecil juga akan menjadikan Moms lebih tahu tentang bagaimana cara yang tepat untuk menonjolkan bakatnya tersebut. Dengan menemukan cara mengenali bakat si kecil, maka orang tua dapat membuka jalan bagi si kecil terkait dengan bakat yang ia miliki Moms.

Jika si kecil ini suka mendengarkan musik, maka fasilitasi ia dengan alat musik, kaset serta CD karena bisa jadi bakatnya terdapat pada musik. Jika si kecil Moms lebih senang dengan warna, buku gambar dan cat maka fasilitasi dia dengan buku gambar, kuas, dan perlengkapan melukis karena bisa pula kecenderungannya terdapat pada seni lukis.

Nah, jika Moms dapat melakukan cara mengenali bakat si kecil, ia pun akan lebih mudah terbuka kunci suksesnya. Selaku orang tua, Moms dapat membukakan pintu pertama bagi si kecil karena bakat yang ia miliki juga akan terasah dengan baik serta bisa diarahkan dengan mengikuti beberapa kursus yang mendukung.