Yuk, Ajari Si Kecil Sopan Santun Sejak Dini

Merries Insight
10 Februari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Yuk, Ajari Si Kecil Sopan Santun Sejak Dini

Moms, percaya atau tidak edukasi perihal sopan santun pada si kecil semenjak dini merupakan salah satu kebutuhan penting baginya. Pasalnya, dengan mengajarkan tata krama dan etika, si kecil akan tumbuh terbekali dengan pengajaran tersebut hingga ia beranjak dewasa. Sikap yang sesuai tata karma dan etika tersebut akan mendukungnya dalam segala aktivitas dan kegiatannya, baik di lingkungan masyarakat sekitar ataupun masyarakat di luar sana.

Lalu, bagaimana ya Moms melakukan pengajaran perihal sopan santun terhadap si kecil sejak dini? Hal ini tidak akan sulit kalau Moms melakukan hal-hal ini sebagai upaya untuk mengajari buah hati sopan santun:

Saling menghormati

Berikut merupakan salah satu bagian dari tata krama paling dasar yang dapat Moms coba ajarkan kepada si kecil. Hormat-menghormati ini pada hakikatnya cukup sederhana dan dapat Moms ajarkan sedari buah hati masih kecil. Caranya dengan memanfaatkan perasaan empati si kecil, untuk peduli terhadap orang lain, menghormati apa yang Moms katakan demi kebaikannya serta tidak melawan jika ia melakukan suatu kesalahan.

Ajari si kecil bertutur kata yang baik

Nah, Moms dapat menerapkan sopan santun yang berikut ini kepada diri Moms dulu agar si kecil dapat mencontoh dari Moms. Dengan cara ini, secara tidak langsung Moms juga menjadi teladan yang baik. Berbicaralah kepada si kecil selembut mungkin. Moms juga dapat memanggil nama si kecil ketika sedang mengadakan komunikasi. Maka, sejak dini si kecil pun akan terbiasa bertutur kata yang sopan, lembut dan ketika dewasa ia tidak akan menyakiti perasaan orang lain lewat kata-kata karena dari dini ia sudah mengenal cara berucap yang sopan.

Tinjau kembali sikap si kecil

Jika si kecil melakukan suatu kesalahan misalnya berkata kasar kepada temannya maka Moms wajib menegurnya. Tentu bukan menegur secara kasar atau bahkan sampai memukul, ya. Cukup dengan dikoreksi dan disadarkan bahwa ia salah berbuat demikian, dan ia pun harus meminta maaf atas kata-kata kasar yang terlontar atau hal yang tidak baik lainnya. Pada akhirnya, sikap sopan santun ini akan ia terapkan hingga dewasa. Hal ini juga mengajari kepadanya bahwa ketika bersikap salah harus meminta maaf.

Nah Moms, penting ya mengajari anak sopan santun dan tata krama. Indonesia dikenal dengan bangsa yang ramah serta memiliki etika yang cukup baik. Sehingga, Moms pun juga harus mengajarkan perilaku positif tersebut kepada si kecil. Hal ini bertujuan agar si kecil terbekali dengan pribadi yang sopan, penuh tata krama dan ketika dewasa ia pun dapat diterima dengan baik di tengah masyarakat. Apapun yang Moms bekali sejak saat ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan si anak kelak, lho.