Yuk Ajak Si Kecil Lakukan Olahraga Air Moms!

Merries Insight
05 September 2016
Kesehatan
Share
Yuk Ajak Si Kecil Lakukan Olahraga Air Moms!

Salah satu cara untuk bersantai adalah berenang atau bermain olahraga air. Tapi, kalau Moms suka melakukan ini, ajak juga dong, Si Kecil. Sebenarnya, olahraga air sudah bisa dilakukan dengan Si Kecil sejak berusia 6 bulan. Saat usia ini, Si Kecil dapat dikatakan sudah mempunyai kontrol kepala yang baik. Moms bisa lihat dari saat menggendong Si Kecil. Dalam posisi duduk, kepala Si Kecil biasanya sudah bisa tegak. Ini artinya Si Kecil sudah siap di ajak untuk berolahraga air.

Kenapa? Mungkin ini pertanyaan paling penting. Jawabannya mudah, Moms. Si Kecil bisa mendapatkan banyak manfaat. Misalnya, dengan berenang, sirkulasi darah dan kerja organ bagian dalam Si Kecil akan dapat lebih baik. Hal ini tentu akan baik pula untuk metabolisme yang akan mempengaruhi pertumbuhan Si Kecil dan daya tahan tubuhnya. Atau, bila harus menyebutnya dengan mudah, Si Kecil tidak akan mudah sakit.

Olahraga air adalah kegiatan fisik. Jadi, kalau Moms mengajak Si Kecil, fisiknya juga akan terlatih dengan baik. Otot tubuh terbentuk dan ini juga mempengaruhi pertumbuhan tulang Si Kecil. Hal ini akan membuat struktur dan bentuk tubuh Si Kecil menjadi lebih baik, yang akan berguna untuk masa depannya.

Alasan paling utama tentu saja Si Kecil bisa bergembira saat diajak melakukan olahraga air. Moms dan Dads juga bisa lebih mendekatkan diri pada Si Kecil. Ini juga baik untuk mempererat hubungan Moms, Dads dan Si Kecil.

Tapi, seperti kegiatan outdoor lainnya, Moms juga harus mempersiapkan semuanya dengan baik. Hal ini penting, agar Si Kecil tidak mendapatkan luka atau masalah kesehatan lainnya. Cara yang paling mudah adalah mengenakan kacamata renang. Mata Si Kecil masih sensitif, dan di kolam renang, biasanya airnya diberikan khlorin (Cl) untuk menghilangkan kuman. Bila mata Si Kecil terkena zat ini, maka akan dapat menimbulkan iritasi.

Selain kacamata renang, Moms juga harus memakaikan tabir surya untuk Si Kecil agar terlindungi dari radiasi sinar matahari. Moms juga harus membawa air minum, agar Si Kecil tidak dehidrasi. Dan, bekal makanan juga penting, agar Si Kecil bisa langsung mengisi tenaga saat selesai berolahraga air. Kalau Moms, Dads dan Si Kecil dapat makan bersama setelah bersenang-senang berolahraga air, tentu itu akan jadi salah satu momen berharga juga, bukan?

Baca Juga

Ajak Anak Lakukan Olahraga-Olahraga Ini untuk Menambah Tinggi Badannya ya Ayah!

Moms, Yuk Mulai Kenalkan Olahraga Pada Si Kecil

Ajak Si Kecil yang Berusia 1 Tahun Lakukan Aktivitas Edukatif Ini Yuk Moms!