Yuk Ajak Main Bayi Anda yang Baru Lahir

Merries Insight
02 September 2014
Umum
Share
Yuk Ajak Main Bayi Anda yang Baru Lahir

Memberikan stimulus dengan mencoba mengajak bayi baru lahir bermain memang merupakan salah satu kewajiban Moms. Selain membuat si kecil senang, mengajaknya bermain juga dapat meningkatkan kedekatan antara Moms dan si kecil. Mengajak main bayi baru lahir memang cukup membingungkan karena bayi biasanya belum bisa merespon banyak terhadap lingkungan di sekitarnya. Tetapi inilah yang harus dilakukan Moms karena stimulasi akan membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Mengajak bayi bermain akan menghilangkan rasa kesepian dan kebosanan yang membuat bayi mengalami stress ringan sehingga dapat mempengaruhi perkembangannya.

Bermain merupakan cara utama si kecil belajar bagaimana berkomunikasi, bergerak, dan memahami lingkungan. Selama bulan pertama kehidupannya, ia akan belajar berinteraksi dengan Moms. Salah satu hal pertama yang akan dipelajari bayu adalah mengasosiasikan nuansa sentuhan dan suara serta melihat wajah Moms untuk mendapatkan kenyamanan, Moms dapat mendorong si kecil belajar dengan merangsang inderanya dengan cara seperti tersenyum, belaian lembut, dan suara dengan tekanan pengucapan yang berbeda. Berikut ini beberapa ide yang dapat Moms lakukan untuk mengajak bermain bayi baru lahir.

Mengajak Si Kecil Bicara

Bayi baru lahir memang belum bisa merespon atau bahkan menanggapi pembicaraan. Namun mengajaknya bicara akan membuat ia merasa lebih nyaman karena ia sudah bisa mendengarkan suara Moms. Pada usia ini bayi belajar mengenal orang – orang di sekitarnya melalui suara. Saat mengajak si kecil bicara, bicaralah pelan-pelan jangan terlalu cepat agar bayi tidak stress.

Ajak Bayi Jalan – Jalan

Ketika bayi sudah bisa mulai melihat, Moms bisa mengajaknya jalan – jalan di halaman rumah. Gunakan tali gendongan yang nyaman agar kepala bayi dapat ditopang dengan baik kemudian beri sudut pandang yang sempurna saat bayi sudah terbangun. Irama gerakan pada saat berlajan dan pemandangan di sekitar yang ia lihat akan menjadi sesuatu yang menarik untuk si kecil.

Kenalkan Dengan Keluarga

Pindahkan ranjang si kecil ke ruang keluarga saat ia sedang bangun sehingga si kecil tidak merasa sendirian dan kesepian. Bisa mendengar suara akan membuat bayi merasa senang dan terhibur.

Benda – Benda Penuh Warna

Walaupun bayi baru lahir masih terpaku dengan warna hitam putih dan belum memahami bentuk dan warna, Moms dapat memperlihatkan benda berwarna – warni untuk memberikan pemandangan yang menarik. Sambil memperlihatkan mainan, Moms bisa sambil mengajaknya bernyanyi.

Itu tadi Moms beberapa tips untuk mengajak bermain bayi baru lahir. Dalam hal ini, Moms memang harus aktif untuk memberikan stimulus – stimulus kepada si kecil untuk membantunya belajar dan memahami lingkungan di sekitarnya.