Yoga Anak; Supaya Si Kecil Tetap Bugar

Yoga Anak; Supaya Si Kecil Tetap Bugar

Apakah Moms sering melakukan Yoga? Tentu, Moms sudah paham manfaat dan kenikmatan kegiatan ini. Tetapi, tahukah Moms, bila Yoga ternyata juga dapat diberikan untuk Si Kecil. Bahkan, ada banyak manfaat yang bisa didapat oleh Si Kecil dari kegiatan ini.

Menurut Jen Oppenheimer, salah satu instruktur Yoga ternama dari Karma Yoga di New York, Amerika Serikat, Yoga dapat membawa begitu banyak dampak positif bagi Si Kecil. Dia mengatakan bila Si Kecil dapat merasa nyaman, lebih berkonsentrasi dan lain sebagainya.

Tetapi, bila harus membayangkan Si Kecil harus melakukan gerakan Yoga seperti yang Moms lakukan, mungkin Moms akan merasa tidak tega. Tetapi, jangan khawatir, gerakan Yoga untuk Si Kecil sama sekali berbeda dengan Yoga yang diperuntukkan untuk orang dewasa. Jen mengungkapkan saat Si Kecil berlatih Yoga, maka instruktur bukanlah orang yang mencontohkan gerakan apa yang harus dilakukan.

Si Kecil-lah yang menentukan apa yang harus dilakukan. Disini, sang instruktur akan menyesuaikan gerakan tersebut agar mempunyai manfaat seperti gerakan Yoga sebenarnya. Jadi, kegiatan ini sangat imajinatif dan kreatif.

Manfaat dari gerakan imajinatif dan kreatif ini sangatlah banyak. Misalnya:

  • Si Kecil dapat melatih fleksibilitas tubuh mereka. Otot Si Kecil yang masih lemas akan sangat mudah dilatih fleksibilitasnya. Hal ini tentu akan meningkatkan kinerja otot Si Kecil dan memperkuatnya. Si Kecil juga tidak akan gampang cedera saat bermain, seperti keseleo atau otot tertarik.
  • Gerakan Yoga yang menitikberatkan pada kekuatan dan keseimbangan juga membuat kondisi mental dan fisik Si Kecil menjadi lebih tenang. Terdengar tidak masuk akal memang, tetapi, Yoga dapat melatih sistem koordinasi motorik kasar dan halus Si Kecil. Hal inilah yang dapat mempengaruhi secara langsung ketenangan dari Si Kecil.
  • Fokus dan konsentrasi juga terlatih. Hal ini berhubungan dengan melatih keseimbangan sebelumnya. Karena Si Kecil harus fokus agar dapat berdiri seimbang, maka mereka akan terlatih untuk lebih berkonsentrasi. Artinya, Si Kecl buah hati Moms akan dapat manfaat besar untuk kegiatan belajar mereka di sekolah.
  • Menurut Christina Enneking, pendiri Heart Happy Yoga yang berlokasi di Los Angeles, gerakan Yoga tidak akan mudah dilakukan oleh Si Kecil. Hal ini akan membuat mereka terlatih untuk bekerja keras dan percaya diri dengan kemampuan yang dia miliki.

Jadi, dengan beribu manfaat Yoga yang dapat diperoleh Si Kecil, maka tidak ada salahnya, bila Moms melakukannya bersama. Bila tidak ada kelas Yoga khusus Si Kecil, Moms dapat menggunakan DVD atau video di internet yang mudah ditemukan.

Baca Juga

Lakukan Yoga untuk Mengusir Lelah Selama Kehamilan

Prenatal Yoga, Apa Saja Manfaatnya?

Manfaat Latihan Yoga Untuk Ibu Hamil