Waspada Rambut Rontok Saat Masa Menyusui

Merries Insight
27 November 2015
Tumbuh Kembang
Share
Waspada Rambut Rontok Saat Masa Menyusui

Bonus yang Moms miliki selama kehamilan, perlahan tapi pasti akan menghilang. Kulit yang lembut dan bercahaya, akan kembali lagi ke kondisi normal, dan rambut yang tadinya lebat, akan mengalami kerontokan. Tenang Moms, lagi-lagi ini merupakan hal yang normal!

Sama seperti penyebab rambut yang tiba-tiba saja menjadi tebal dan lebat, kerontokan rambut pasca persalinan pun disebabkan karena faktor hormon, di mana hormon yang berfungsi selama masa kehamilan, kini berangsur kembali ke kondisi normal.

Walaupun begitu, kondisi ini jangan dibiarkan begitu saja. Untuk mencegah rambut rontok yang lebih parah, lakukan beberapa hal berikut ini :

Perawatan Rambut

Walaupun sebagai Ibu baru anda sangat sibuk, tapi usahakan untuk menyempatkan diri melakukan perawatan rambut di rumah, terutama perawatan yang terfokus kepada pemulihan dan penguatan akar rambut dan batang, seperti memakai masker rambut dan lainnya.

Konsumsi Buah dan Sayur

Konsumsi makanan sehat, terutama buah-buahan dan sayuran segar yang terbukti ampuh untuk menjaga kerontokan dan memperkuat akar rambut. Bonusnya, kulit anda akan semakin cantik dan tubuh pun akan lebih sehat. Selain itu, ASI pun akan melimpah lho!

Berikan ASI

Secara alami, ASI akan membuat hormon dalam tubuh anda tetap seimbang. Bahkan dengan memberikan ASI kepada si kecil, ukuran payudara anda akan tetap lebih membesar. Tidak hanya itu, banyak manfaat yang diberikan kalau anda memberikan ASI, salah satunya untuk mengembalikan kondisi rahim.

Olahraga

Beberapa hari usia menjalani persalinan, mungkin anda akan lebih banyak menghabiskan waktu di atas tempat tidur. Tapi setelah anda merasa kuat, mulailah melakukan aktivitas fisik, minimalnya berjalan-jalan di pagi hari. Jangan lupa, ajak si kecil juga ya Moms!

Potong pendek

Sebenarnya saran untuk memotong rambut hingga pendek disarankan sejak anda mengalami kehamilan. Nah, kalau rambut anda sudah terasa agak panjang, tidak ada salahnya anda kembali memotong pendek rambut untuk mengurangi dampak kerontokan pasca persalinan.

Dengan cara di atas, moga saja masalah kerontokan ini tidak berkembang menjadi lebih parah lagi. Ingat Moms, walaupun sekarang ini anda berstatus sebagai Ibu baru, tapi tampil cantik penting lho!