Wanita Hamil Disarankan Tidak Makan Tuna

Merries Insight
20 Januari 2015
Kesehatan
Share
Wanita Hamil Disarankan Tidak Makan Tuna

Apakah Moms pernah mendengar “ibu hamil tidak boleh makan tuna?”. Moms mungkin bertanya-tanya apakah perkataan tersebut benar atau tidak dan ingin mengetahui faktanya secara detail. Wanita hamil sebenarnya tidak disarankan untuk mengkonsumsi ikan tuna karena ikan tersebut diketahui mengandung kadar merkuri yang tinggi sehingga dikhawatirkan akan memberi dampak yang kurang baik untuk pertumbuhan janin. Oleh sebab itu, ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi tuna.

Ikan tuna yang paling dikhawatirkan adalah tuna yang sudah dikemas dalam kaleng. Walaupun anak-anak dan ibu hamil adalah kelompok yang paling rentan oleh merkuri dari seafood, namun ikan tuna yang memiliki kadar merkuri tinggi tentu berbahaya untuk siapapun.

Orang dewasa yang mengkonsumsi makanan laut sebanyak 0,6 kg atau lebih sebaiknya menghindari konsumsi ikan tuna yang tercemar oleh merkuri, salah satunya adalah sushi yang mengandung ikan tuna. Terdapat lebih dari 20 macam makanan laut yang dapat dikonsumsi termasuk oleh anak- anak dan ibu hamil. Makanan tersebut dapat dikonsumsi beberapa kali seminggu tanpa harus takut oleh paparan merkuri.

Walaupun ikan dan hewan laut yang lain memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang aman dan sehat, namun banyak orang merasa khawatir mengonsumsi makanan laut karena takut adanya merkuri. Apalagi paparan merkuri diketahui dapat menyebabkan kerusakan di sistem saraf dan otak.

Consumer Report telah menganalisis data tentang kadar merkuri di berbagai macam makanan laut. Data tersebut diperoleh dari FDA (Food and Drug Administration). Kelompok advokasi tersebut telah mengidentifikasi sebanyak 20 macam makanan laut yang aman untuk dikonsumsi.

Makanan laut yang memiliki kadar merkuri paling rendah di antaranya adalah kerang, nila merah, udang, dan salmon. Makanan laut lain yang memiliki kadar merkuri rendah adalah kepiting, ikan lele, ikan flounder, ikan flatfish, dan ikan trout.

Baca Juga

Karena Inilah Malas Ganti Diapers Si Kecil Sangat Tidak Disarankan

Kehamilan Ternyata Mengubah Otak Wanita Secara Tidak Terduga

Rekomendasi Jenis Olahraga yang Baik dan Aman untuk Wanita Hamil

Berdasarkan rekomendasi terbaru yang dianjurkan oleh badan perlindungan lingkungan dan FDA mengatakan bahwa anak-anak dan ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi 4 jenis ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi yaitu ikan hiu, tilefish, king mackerel, dan ikan todak. Jenis ikan lain yang dikhawatirkan juga berbahaya adalah ikan orange roughy dan ikan marlin.