Vaksin Flu untuk Ibu Hamil

Merries Insight
22 Januari 2015
Kesehatan
Share
Vaksin Flu untuk Ibu Hamil

Moms yang sedang hamil disarankan untuk melakukan vaksinasi flu dengan tujuan agar tubuh Moms dan bayinya kelak lebih tahan terhadap serangan virus flu dan gangguan pernafasan. Vaksin flu sebaiknya mulai diberikan pada saat usia kandungan 6 bulan. Wanita hamil yang mendapat vaksin flu terbukti memiliki daya tahan tubuh yang jauh lebih baik daripada mereka yang tidak mendapatkan vaksin flu. Demikian juga dengan bayi yang dilahirkan.Khusus untuk bayi, vaksin flu sebaiknya diberikan pada usia 6 bulan pertama. Vaksin flu pada bayi akan memberikan kekebalan lebih pada tubuh bayi dari serangan flu. Selain vaksin flu, sistem imun pada bayi juga akan semakin baik berkat asupan ASI ekslusif di mana ASI mengandung zat antibody dari sang ibu.

Vaksin flu yang diberikan pada Moms yang sedang hamil akan memberikan perlindungan pada bayi di usia 6 bulan pertama. Enam bulan kemudian, bayi wajib diberi vaksin flu secara langsung. Sebuah riset mengungkapkan bahwa bayi-bayi yang lahir dari ibu yang diberi vaksin flu memiliki risiko terjangkit flu lebih rendah (41 persen lebih rendah) bila dibandingkan dengan bayi-bayi yang dilahirkan dari ibu yang tidak mengikuti vaksinasi. Data riset tersebut juga menunjukan bahwa jumlah bayi yang dirawat di rumah sakit akibat serangan flu jauh lebih sedikit berkat pemberian vaksin flu semasa masih dalam kandungan.

Hal ini membuktikan bahwa bayi dan ibu yang mendapatkan vaksin flu memiliki antibody jauh lebih baik bila dibandingkan dengan bayi dan ibu yang tidak mendapatkan vaksin. Temuan ini sangat relevan dengan usaha pencegahan virus flu yang akhir-akhir meresahkan masyarakat dunia, yaitu H1N1. Virus ini dapat menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil dan janinnya. Vaksin flu terbukti cukup efektif cegah virus H1N1 masuk ke dalam sistem tubuh. Vaksin flu juga efektif cegah dua jenis strain virus flu lainnya. Jadi bagi Moms yang kini sedang hamil, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi flu demi kesehatan anda dan bayi anda kelak.