Tumbuhkan Budaya Baca Sejak Dini Sangat Dianjurkan

Tumbuhkan Budaya Baca Sejak Dini Sangat Dianjurkan

Buku gudangnya ilmu, membaca adalah kuncinya. Sejak dini, peribahasa tersebut selalu didengungkan untuk mendorong anak-anak agar lebih giat membaca. Bahkan di zaman kemajuan teknologi sekarang ini, kegiatan membaca bisa dilakukan dimana saja, dan kapan saja, tanpa harus menenteng buku super tebal.

Kenapa kebiasaan membaca wajib dipupuk sejak dini?

Banyak alasan yang mendasari hal tersebut, termasuk kegiatan membaca buku merupakan awal bagaimana si kecil diperkenalkan kepada luasnya dunia. Contohnya saja, si kecil mungkin bisa menjabarkan bagaimana dan apa saja yang ada di London, padahal dia belum pernah sekalipun kesana.

Dengan kata lain, pengetahuan si kecil akan terpupuk sejak dini. Ketika si kecil sudah mulai banyak tahu, maka dia akan semakin haus untuk mengetahui hal-hal lainnya, termasuk ilmu fisika, kimia, matematika dan hal lainnya. Nah, mulai inilah si kecil akan mulai memiliki minat pada satu bidang ilmu pengetahuan.

Kalau sudah begini, tentu anda sebagai orangtua akan lebih mudah untuk mengarahkan ke mana masa depan si kecil akan tertuju, dan bagaimana cara memaksimalkannya, termasuk dalam hal persiapan jenjang pendidikan yang akan dilakoninya, sampai dengan persiapan biaya sebagai pendukung.

Selain alasan tersebut, tentu saja masih banyak alasan lainnya kenapa si kecil harus membaca, termasuk untuk memaksimalkan fungsi kognitif si kecil dan alasan-alasan lainnya.

Baca Juga

Tips Mengenali Gejala Autisme Sejak Usia Dini

Dads, Ini Cara Tumbuhkan Sifat Optimis Pada Si Kecil

Kenali Tumbuh Kembang Bayi Sejak Dini

Lantas, bagaimana cara menumbuhkan minat baca si kecil?

Moms, banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menumbuhkan minat baca si kecil, termasuk beberapa cara dibawah ini, seperti di lansir dalam parenting.

  • Selalu menyediakan bacaan untuk anak di rumah, terutama buku-buku yang menurut si kecil menarik, dari mulai ensiklopedia anak, dongeng, cerita bergambar dan lainnya.
  • Buat agenda untuk membaca bersama. Agar lebih menyenangkan, usahakan agenda ini dihadiri juga oleh seluruh anggota keluarga, atau bahkan teman dekat si kecil.
  • Sesekali cobalah untuk bertanya buku apa saja yang sudah dibacanya, dan tes bagaimana pemahaman dan daya tangkap si kecil terhadap buku tersebut.
  • Bukalah forum diskusi kecil untuk membahas buku yang menurut si kecil menarik untuk disimak. Forum diskusi ini pun bisa dijadikan lahan untuk koreksi, menguji mental dan pengetahuannya.
  • Jangan lupa untuk memberikan penghargaan ketika si kecil sudah berhasil memahami buku yang disukainya. Penghargaan itu sendiri bisa berupa bonus hadiah, buku baru atau hal lainnya yang diinginkannya.
  • Sesekali ajak si kecil ke perpustakaan kota atau perpustakaan umum lainnya yang lebih besar. Dengan begitu, dia akan tahu kalau ilmunya hanya titik diantara luasnya dunia. Dengan begitu, dia tidak akan langsung merasa puas dengan hanya puluhan buku.

Bagaimana dengan anda Moms? Punya cara sendiri untuk meningkatkan minat baca si kecil?