Trik Mudah Ajarkan Si Kecil Konsep Panjang dan Pendek

Merries Insight
06 November 2015
Tumbuh Kembang
Share
Trik Mudah Ajarkan Si Kecil Konsep Panjang dan Pendek

Selain sudah mengetahui warna, pada dasarnya anak usia 2-3 tahun sudah mulai mengenal mana benda besar dan benda kecil, mana benda panjang dan pendek. Hanya saja, sama seperti konsep pengenalan warna, si kecil pun belum memahami konsep penamaan dari benda panjang dan pendek tersebut.

Agar si kecil bisa memahami konsep benda panjang dan pendek, berikut merupakan teknik mengajarkan konsep panjang dan pendek pada anak dengan mudah dan cepat.

Siapkan alat peraga

Moms harus mempersiapkan beberapa alat peraga agar si kecil bisa memahami konsep pajang pendek. Misalnya, dua tongkat karet dengan ukuran yang sama, tapi panjang yang jauh berbeda. Dengan tongkat karet ini, Moms bisa membuat permainan ambil tongkat panjang dan ambil tongkat pendek.

Perbandingan

Bandingkan kedua benda panjang dan pendek dalam satu tempat. Misalnya, ini pensil pendek, dan ini pensil panjang. Suruh si kecil mengulangi hal ini agar otaknya bisa segera memproses informasi yang Moms berikan, yang kemudian di ikuti si kecil dengan cara verbal.

Baca Juga

6 Trik Jitu Menggunting Kuku Si Kecil dengan Mudah, Aman dan Menyenangkan

Trik Ajarkan Si Kecil Menyikat Gigi Dengan Cara Menyenangkan

Cara Mudah Membuat Anak Mudah Mengingat Wajah dan Nama

Permainan

Mengajarkan anak memang harus sambil bermain. Misalnya, main (nyanyian & gerak) kanang-kacang panjang, dan permainan lainnya. Dengan bermain biasanya si kecil akan lebih mudah menangkap segala informasi, sehingga kemampuannya membedakan mana benda panjang dan pendek bisa lebih maksimal.

Pasel atau Balok

Cobalah untuk mengajak si kecil menyusun menyusun pasel atau balok. Kemudian suruh si kecil untuk membuat kereta api dengan pajang 4 balok dan 8 balok. Setelah itu, Moms bisa bertanya kereta api manakah yang lebih panjang dan mana yang lebih pendek.

Sebenarnya, konsep pengenalan panjang pendek ini bisa dilakukan juga sambil melakukan pengenalan konsep warna, sekaligus mengetahui perbandingan besar dan kecil. Dengan penggabungan metode dalam satu permainan, maka kemampuan si kecil akan berkembang jauh lebih pesat.

Baca Juga

Lakukan Ini Agar Si Kecil Tidak Rewel Saat Moms Kembali Bekerja Pasca Libur Panjang

6 Trik Jitu Menggunting Kuku Si Kecil dengan Mudah, Aman dan Menyenangkan

Cara Mudah Membuat Anak Mudah Mengingat Wajah dan Nama

Bagaimana Moms, sudah punya gambaran metode seperti apa dan benda apa saja yang akan di jadikan lata peraga pengenalan panjang dan pendek kepada si kecil? Selamat mencoba ya Moms!