Trik Latih Si Kecil Terbiasa Berbicara Sopan

Merries Insight
23 Agustus 2016
Tumbuh Kembang
Share
Trik Latih Si Kecil Terbiasa Berbicara Sopan

Sebagai orang dengan budaya ketimuran, tidak hanya sikap saja yang harus diperhatikan, Moms pun wajib memperhatikan tutur bahasa yang menjadi ciri khas kesopanan dan identitas luhur bangsa. Tentu saja semua itu didapat dari lingkungan yang sehat dan pendidikan yang baik.

Nah Moms, jika Moms ingin si kecil tidak tergerus arus negatif perubahan zaman dan berharap si kecil bisa bertutur kata yang sopan, berikut merupakan beberapa trik untuk melatihnya.

Beri contoh

Jerry Wyckoff, psikolog sekaligus penulis buku Twenty Teachable Virtues, menyatakan jika Moms ingin si kecil menaruh hormat dan bertutur kata yang sopan, maka Moms harus memberikan contoh kepada mereka bagaimana cara bertutur kata yang sopan. Bagaimanapun juga, anak merupakan peniru ulung orang tuanya.

Selain itu, jangan biarkan si kecil bertutur kata dan bersikap sopan hanya karena diperintah. Bagaimanapun juga, pendidikan sikap tidak bisa dilakukan dengan ancaman dan ketakutan.

Hindari reaksi berlebihan

Baca Juga

Menurut Penelitian, Anak Indonesia Terbiasa Bangun Lebih Pagi. Apa Manfaatnya?

Cara Mengajarkan Si Kecil Agar Terbiasa Bersabar

Yuk, Ajari Si Kecil Sopan Santun Sejak Dini

Jangan pernah bertindak secara berlebihan ketika si kecil mengucapkan kata-kata kasar yang dia temui dari pergaulan atau tidak sengaja terekam dari hasil pembicaraan orang-orang dewasa. Alih-alih membentak, sebaiknya katakan jika kata-kata yang diucapkannya tidak pantas dan tidak baik untuk di tiru.

Ini berhubungan dengan konsep pendidikan kelembutan untuk menumbuhkan sikap sopan dari dalam diri mereka, bukan hasil ancaman dan ketakutan.

Baik tetapi tegas

Terkadang, dalam beberapa kondisi Moms harus bisa bersikap tegas kepadanya. Misalnya, ketika si kecil menganggap kata-kata maaf tidak berguna, disinilah Moms harus mengambil sikap. Katakan, kata maaf dan tutur kata lembut merupakan ciri budaya luhur ketimuran yang harus di junjung tinggi.

Pahami perbedaan pendapat

Baca Juga

Menurut Penelitian, Anak Indonesia Terbiasa Bangun Lebih Pagi. Apa Manfaatnya?

Yuk, Ajari Si Kecil Sopan Santun Sejak Dini

Moms, Yuk Ajarkan Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Sendiri!

Si kecil terkadang punya pandangan berbeda mengenai hal-hal yang dia temui di luar. Misalnya saja, ketika dia melihat orang lain berkata kasar dan orangtuanya diam saja, sehingga menganggap kata-kata kasar merupakan hal yang biasa.

Untuk meluruskannya, ajak si kecil duduk dan utarakan pandangan Moms. Setelah itu, berikan pilihan kepadanya, apakah ingin jadi anak yang kasar atau anak yang sopan.

Biasakan tiga kata ajaib

Dalam ajaran kesopanan, ada 3 kata ajaib yang harus Moms ajarkan sejak dini, maaf, tolong dan terima kasih. Ketiga kata tersebut merupakan simbol kesopanan dan harus dibiasakan sejak dini. Selain itu, tiga kata ajaib tersebut terbukti efektif untuk membiasakan si kecil berbicara sopan.

Ingat Moms, tanamkan pendidikan ini secara konsisten. Dengan begitu, lambat laun si kecil akan tumbuh menjadi anak yang sopan dengan tutur kata yang lembut. Selamat mencoba!

Baca Juga

Moms, Yuk Ajarkan Si Kecil Terbiasa Cuci Tangan Sendiri!

Kiat Mengajarkan Anak Sopan Santun Di Tempat Umum

Bayi Senang Mendengarkan Bayi Lain Berbicara. Kenapa Ya, Moms?