Trik Cegah Lupa Saat Hamil Ini Sebaiknya Moms Coba

Merries Insight
04 Juli 2016
Umum
Share
Trik Cegah Lupa Saat Hamil Ini Sebaiknya Moms Coba

Saat mengalami kehamilan, khususnya para calon ibu baru biasanya akan mengalami kesulitan berkonsentrasi dan sering lupa. Gejala pelupa pada ibu hamil ini juga sering disebut dengan mamnesia, mommy brain, dan pregnancy brain. Perubahan hormon maupun penyusutan ukuran sel – sel otak saat kehamilan trimester ketiga mungkin saja menjadi penyebab terjadinya mamnesia.

Namun jangan khawatir dulu Moms, sel – sel otak tersebut akan membesar kembali pada 2 minggu saat hendak menjalani persalinan dan dapat kembali ke ukuran normal setelah beberapa bulan pasca proses persalinan. Istilah mamnesia sering digunakan untuk menggambarkan terjadinya perubahan kondisi mental pada ibu hamil selama masa kehamilan maupun saat awal melahirkan.

Hal itu ditandai dengan gangguan pada memori dan kesulitan dalam berpikir logis atau bahkan keduanya. Moms mungkin mengalami mamnesia jika sedikitnya mengalami 3 hal seperti sering kehilangan dompet atau kunci, lupa meletakkan sesuatu padahal baru saja memegangnya beberapa menit sebelumnya, dan sering melupakan janji untuk bertemu seseorang. Tanda lainnya, Moms sering mendadak berhenti bicara karena lupa dengan yang sedang dibicarakan, sering lupa mematikan kompor, hampir tersesat saat pulang ke rumah, dan yang paling parah adalah lupa nama suami atau anggota keluarga lain. Moms dapat mengurangi gejalanya dengan mencoba beberapa tips berikut:

Mencatat

Catat hal – hal yang wajib diingat misalnya jadwal untuk minum vitamin dan janji dengan seseorang. Catat pula hal – hal yang hendak ditanyakan ke dokter ketika pemeriksaan kehamilan. Simpan buku catatan itu di tempat yang mudah diingat.

Menyimpan Barang Penting di Satu Tempat

Simpan semua barang yang dirasa penting di satu tempat misalnya dompet, kunci, ponsel, dan barang lainnya. Dengan demikian saat lupa, Moms dapat dengan mudah menemukannya.

Tenang

Ketika Moms harus mengingat sesuatu yang penting, maka sebaiknya tenangkan pikirkan lebih dulu. Setelah itu cobalah memvisualisasikan kejadiannya. Sebagai contoh, saat Moms harus menghubungi suami tetapi lupa nomornya, cobalah memvisualisasikan diri sedang menekan tombol nomor telepon suami.

Buat Skala Prioritas

Fokuskan diri Moms untuk hal – hal yang sangat penting dengan cara membuat skala prioritas. Curahkan energi Moms untuk fokus ke hal tersebut. Bila perlu, bagikan tugas Moms pada orang lain.

Perbanyak Jadwal Tidur

Ada kemungkinan momnesia tersebut akan berlanjut sampai Moms melahirkan. Para perempuan yang baru hamil biasanya akan kesulitan memenuhi jam tidurnya. Namun Moms harus tetap berusaha tidur walaupun hanya sebentar.

Hindari Suplemen Otak

Sebaiknya Moms tidak mengkonsumsi suplemen untuk otak. Jika memang diperlukan, Moms sebaiknya mengkonsultasikan diri dulu ke dokter kandungan sebelum mengonsumsinya.