Tradisi Menyambut Kelahiran Bayi di Kerajaan Inggris

Merries Insight
28 April 2014
Kesehatan
Share
Tradisi Menyambut Kelahiran Bayi di Kerajaan Inggris

Cerita kelahiran bayi laki-laki dari pasangan Pangeran William dan juga Kate Middleton telah mencuri perhatian dunia, bahkan sampai hari ini. Hampir semua orang merasa penasaran dengan rupa dan juga gerak-gerik bayi tersebut, tak pelak berita ini menjadi sumber pemberitaan memdia masa di dunia.

Kerajaan Inggris memang memiliki pesona sendiri untuk masalah ini. Bukan cuma untuk masalah politiknya, akan tetapi juga beberapa tradisi dalam menyambut bayi kerajaan yang akan berlangsung secara turun-menurun tersebut. Tradisi ini jugalah yang dilakukan oleh Pangeran William dan juga Kate Middleton dalam menyambut kelahiran bayinya. Berikut beberapa tradisi kerajaan Inggris dalam menyambut kelahiran sang bayi.

Melahirkan di Istana

Seperti kita ketahui bahwa Kate Middleton telah melahirkan putranya tersebut di Rumah Sakit St. Mary yang berada di pusat kota London. Tentu saja rumah sakit ini juga merupakan rumah sakit yang sama tempat dimana Pangeran William dilahirkan ke dunia ini. Akan tetapi pada beberapa dekade lalu kerajaan mewajibkan setiap wanita di kerajaan untuk melahirkan di dalam istana.

Ayah di Ruang Bersalin

Pangeran William sempat mengatakan bahwa dia akan selalu berada di samping Kate Middleton ketika proses persalinan berlangsung. Pangeran William sepertinya mengikuti langkah sang ayah yang juga menemani Putri Diana ketika melahirkannya dulu. Dan tradisi ini masih dipegang tegas oleh keluarga kerajaan sampai sekarang.

Utusan dari Pemerintah ada di Ruang Bersalin

Ketika awal tahun 1900 dan mungkin juga sebelumnya, sebuah prosesi adat akan menentukan bahwa seorang pejabat pemerintah harus hadir ketika bayi kerajaan lahir. Misalnya, Theresa May yang pada saat itu menjadi utusan pemerintah mengatakan tradisi berabad-abad ini masih sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa keturunan Kerajaan tersebut memang benar-benar dilahirkan dan bukan diselundupkan.

Dentuman Meriam Sambut Kelahiran

Tradisi ini merupakan sebuah tradisi yang tidak pernah dirubah dan juga yang paling ditunggu rakyat Inggris, tradisi dentuman meriam dalam menyambut kelahiran bayi kerajaan ini juga dilakukan oleh pengeran William dan juga Kate Middleton. Menurut catatan, sebanyak 62 peluru ditembakkan dari Tower London dan juga 41 peluru dari Green Park yang berada dekat Istana Buckingham Palace.

Tradisi ini merupakan sebuah pengumuman resmi kepada seluruh masyarakat Inggris dan juga warga dunia bahwa pada saat itu telah lahir seorang penerus baru dari Kerajaan Inggris. Tentu saja di masa sekarang tradisi ini bukan hanya sebagai pemberitahuan semata, akan tetapi merupakan sebuah atraksi hiburan yang akan dinikmati oleh warga Inggris dan sekitarnya.