Tips untuk Sinkronkan Pola Tidur dengan Si Kecil

Merries Insight
10 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Tips untuk Sinkronkan Pola Tidur dengan Si Kecil

Bayi baru lahir biasanya memiliki rentang waktu tidur yang lama sekali ya, Moms. Pasti si kecil Moms juga mengalami hal ini. Si kecil akan mengalami rentang waktu tidur hingga 18 jam pada minggu-minggu pertama kelahiran mereka Moms. Lama tidur si kecil tersebut akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia mereka. Mereka hanya akan tidur 15 jam selama satu hari hingga usia si kecil memasuki bulan ketiga. Pola tidur si kecil seperti inilah yang perlu Moms perhatikan ya.

Pola tidur si kecil tentu akan berpengaruh pada pola tidur Moms juga. Sehingga waktu istirahat Moms akan terganggu. Ketika malam hari, Moms pasti akan melakukan rutinitas pada si kecil seperti mengganti popok atau menyusui. Ketika siang hari Moms akan disibukkan juga untuk bermain dengan si kecil yang sedang terjaga.

Namun, untuk mengatasinya Moms bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengatur pola tidur si kecil agar dapat melatih kebiasaan tidur yang baik untuk si kecil. Moms harus tahu keadaan si kecil yang sudah lelah

Cara mengatur pola tidur si kecil yang harus Moms lakukan pertama kali adalah harus mengenali tanda jika si kecil sudah merasa kelelahan. Tanda yang kerap ditunjukkan oleh si kecil ketika lelah adalah menguap, mengucek mata, menangis atau rewel, atau menarik daun telinganya sendiri. Maka Moms harus segera berusaha untuk menidurkan si kecil yang mengantuk tersebut. Mengajarkan pada si kecil mengenai siang dan malam

Moms dapat memulai pengenalan ini ketika si kecil memasuki usia 2 minggu. Ketika siang hari dia terjaga maka sebaiknya Moms mengajaknya bermain dan menemaninya secara intens. Biarkan ruangan dalam keadaan terang dan biarkan banyak suara-suara bising di sekitarnya yang menggambarkan kesibukan pada siang hari.

Sedangkan ketika malam hari, bila si kecil terbangun maka sebaiknya Moms menyusuinya dan tidak mengajaknya bermain agar si kecil segera kembali tidur. Selain itu, pola tidur si kecil pada malam hari ini dukunglah dengan suasana ruang tidur yang redup dan hindarkan suara-suara berisik. Sehingga ia kembali tidur saat malam hari.

Baca Juga

Pola Tidur Si Kecil Ternyata Bisa Pengaruhi Perkembangan Emosinya Lho!

4 Hal Penting Untuk Membangun Pola Tidur Sesuai Dengan Usia

Pola Asuh Temporizer, Membebaskan Si Kecil Dengan Izin dan Aturan Khusus!

Membiarkan si kecil tidur dengan sendirinya

Cara mengatur pola tidur si kecil yang dapat Moms lakukan adalah menidurkan si kecil di atas kasur ketika sudah tampak mengantuk. Dengan demikian akan melatih kebiasaan tidur untuk si kecil. Mengatur jadwal tidur si kecil

Mengatur jadwal tidur untuk si kecil ini dapat Moms lakukan dengan dua hal sederhana. Moms bisa menyanyikan lagu Nina Bobo atau memberikan ciuman sebelum tidur kepada si kecil. Kebiasaan tersebut akan membuat pola tidur si kecil menjadi lebih baik. Mereka akan mengerti bahwa hal itu menunjukkan bahwa waktunya mereka istirahat. Menyusu pada malam hari

Cara mengatur pola tidur si kecil yang terakhir yaitu menyusu pada malam hari. Ini dapat Moms lakukan saat si kecil merasa lapar. Namun, kebiasaan menyusu tersebut harus tetap diimbangi dengan keadaan lampu yang redup di dalam kamar dan hindari suara-suara bising di sekitar bayi.

Itulah Moms tips untuk sinkronkan pola tidur dengan si kecil. Pastikan Moms memberikan yang terbaik buat si kecil agar tumbuh kembangnya semakin cemerlang dan sehat, ya.

Baca Juga

Yuk Berkenalan Dengan Pola Asuh Otoritatif. Cocok Diterapkan di Indonesia?

Apakah Pola Tidur Si Kecil Bisa Diubah?

4 Hal Penting Untuk Membangun Pola Tidur Sesuai Dengan Usia