Tips Travelling Aman dengan Mobil saat Hamil

Merries Insight
02 Desember 2014
Kesehatan
Share
Tips Travelling Aman dengan Mobil saat Hamil

Apakah dalam waktu dekat anda berencana akan bepergian jauh meski anda kini sedang hamil? Apakah anda memilih mengendarai kendaraan pribadi anda sebagai alat transportasinya? Banyak Moms yang menanyakan apakah boleh ibu hamil bepergian jauh untuk traveling dengan menggunakan mobil sendiri. sebenarnya boleh-boleh saja, hanya saja anda pastikan anda berkendara dengan aman dan nyaman. Berikut terdapat panduan singkat mengenai tips travelling untuk ibu hamil.

  • Bila Moms memiliki rencana untuk travelling, sebaiknya anda lakukan pada saat usia kandungan anda trimester kedua. Trimester kedua adalah waktu yang paling tepat karena pada masa ini kehamilan sedang stabil. Anda tidak akan terganggu lagi dengan rasa mual, pusing, dan rasa tak nyaman seperti yang pernah anda rasakan di usia kandungan trimester pertama.
  • Sebelum anda berangkat travelling, pastikan anda memeriksakan kondisi kesehatan anda dan janin anda ke dokter spesialis kandungan. Jangan lupa untuk selalu membawa catatan medis anda kemanapun anda pergi, termasuk pada saat anda akan traveling. Tujuannya adalah sebagai petunjuk bagi dokter lain di tempat tujuan anda jika suatu saat terjadi suatu hal yang tidak diinginkan menyangkut kesehatan anda dan janin anda.
  • Selalu gunakan sabuk pengaman apapun jenis kendaraan yang anda gunakan. Banyak studi menungkapkan bahwa wanita hamil yang menggunakan sabuk pengaman memiliki risiko jauh lebih rendah untuk celaka akibat kecelakaan. Nah, soal pemakaian sabuk pengaman yang benar dan tepat bagi wanita hamil yaitu tepat di bawah perut dan usahakan sabuk pengaman tidak menekan kandungan anda.
  • Perbanyak minum air putih agar anda tidak dehidrasi. Maka dari itu selalu sedia stock air putih yang cukup banyak. Air putih juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah pada kaki yang terasa pegal akibat perjalan jauh. Anda juga akan terhindar dari sakit punggung karena aliran darah pada area punggung dan sekitarnya akan terus lancar berkat anda mengkonsumsi air putih.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda para Moms yang hobi travelling.