Tips Sukses Membuat Cake Mille Crepes ala Perancis

Merries Insight
26 Agustus 2016
Kesehatan
Share
Tips Sukses Membuat Cake Mille Crepes ala Perancis

Moms sudah tahu kue leker? Sudah cukup lama kue khas ini berkeliaran di Indonesia. Bahkan belakangan ini popularitasnya semakin tinggi setelah banyak Cafe dan jajanan pinggir jalan menyajikan makanan lezat yang satu ini. Walaupun begitu, ternyata Leker bukan kue asli Indonesia lho!

Kue klasik ini berasal dari Perancis, dimana di negara asalnya kue ini dikenal dengan nama Mille Crepes Cake atau bisa juga disebut Mille Crepes saja. Biasanya, cake klasik ini terdiri dari 20 lapisan tipis crepes, di mana dalam tiap lapisnya disajikan dengan olesan krim pastry ala Prancis.

Lalu kenapa disebut Mille?

Sesuai dengan namanya, Mille yang berarti ribuan, menandakan jika kue ini memiliki lapisan crepe yang sangat banyak. Uniknya lagi, salah satu Mille Crepes terbaik di dunia justru dibuat oleh Lady Mendl’s Tea Salon yang berada di New York, Amerika Serikat.

Nah, buat Moms yang ingin mencoba membuat Mille Crepes sendiri di rumah, caranya gampang kok. Yang perlu Moms lakukan adalah, pelajari beberapa rahasia sukses membuat Mille Crepes yang sempurna.

  • Pertama, supaya tekstur crepe ini halus dan tipis, sebaiknya Moms gunakan pan datar antilengket yang cukup tebal. Dengan dasar wajan yang tebal, hal ini akan membuat penyebaran panas lebih rata sehingga crepe akan matang secara sempurna, tidak mudah gosong dan lebih renyah.
  • Kuncinya adalah, jangan mengoleskan minyak secara berlebih. Pasalnya, keputusan ini malah akan membuat adonan jadi tergoreng. Kalau sudah terlanjur, Moms bisa menyerap kembali kelebihan minyak tersebut dengan menggunakan tissue
  • Sebaiknya jangan pernah berani mencampur susu panas sekaligus dalam kocokan telur. Pasalnya, telur yang Moms siapkan malah akan jadi matang dan akhirnya membuat adonan menggumpal.
  • Jangan lupa untuk menuangkan susu sedikit demi sedikit untuk menyesuaikan suhu susu dan telur supaya adonan bisa tercampur secara merata, dan teksturnya jadi lebih halus.
  • Supaya adonan tidak menggumpal, jangan lupa untuk mengocok bahan cair terlebih dulu hingga tuntas, dari mulai mengocok telur sampai berbusa, kemudian susu, gula dan yang terakhir baru beralih ke tepung terigu.

Moms, membuat Mille Crepes sebenarnya tidak susah-susah amat kok! Wajar kalau satu atau dua kali gagal, tapi jangan sampai menyerah. Suatu saat nanti, hidangan khas Prancis ini akan jadi menu favorit dalam keluarga Moms. Percaya deh!