Tips Relaksasi Kehamilan dengan Senam Wajah

Merries Insight
04 Maret 2016
Kesehatan
Share
Tips Relaksasi Kehamilan dengan Senam Wajah

Melakukan relaksasi senam wajah ibu hamil perlu dilakukan karena untuk memberikan kebugaran serta kesehatan selama masa kehamilan. Senam wajah adalah salah satu cara relaksasi yang dapat Moms lakukan ketika hamil. Sebab dengan senam wajah tersebut akan membantu ibu tetap mendapatkan penampilan yang cantik serta sehat. Selain itu, senam wajah akan membawa manfaat juga bagi kesehatan Moms.

Terutama akan membantu otot-otot wajah Moms yang sering melakukan aktivitas seperti mengunyah dan mengedipkan mata. Yang perlu Moms ketahui, senam wajah ini tidak akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh ibu maupun janin yang dikandung. Sehingga rileksasi senam wajah ibu hamil ini sangat aman dilakukan di sela-sela waktu Moms.

Relaksasi senam wajah ibu hamil dapat dilakukan sekali dalam satu hari. Jika ingin hasil yang optimal maka dapat melakukan senam wajah lima kali dalam waktu seminggu ya, Moms. Dengan Moms melakukan senam wajah secara rutin selama hamil, maka akan banyak manfaat yang akan didapatkan. Terutama lancarnya aliran darah pada wajah serta otot wajah menjadi kencang. Berikut ini ada beberapa tips melakukan relaksasi senam wajah ibu hamil:

  1. Moms dapat melakukan kedipan salah satu mata lalu tahan hingga 5 detik, lakukan hal yang sama pada sisi mata yang lainnya secara bergantian. Kemudian Moms dapat meletakkan dua jari pada sisi pelipis lakukan tekanan sambil membuka tutup kelopak mata Moms. Kemudian angkat kedua alis Moms dan kerutkan dahi sambil buka kedua mata dengan lebar.
  2. Gerakan berikutnya, Moms dapat menggerakkan pipi. Caranya dengan mengerutkan pipi Moms ke arah dalam dan tahan beberapa saat, lakukan hingga dua kali. Kemudian lakukan gerakan pipi berikutnya yaitu seperti meniup balon dan akhiri dengan gerakan pipi tersenyum lebar selama delapan detik.
  3. Relaksasi senam wajah ibu hamil yang ketiga adalah menggerakkan bibir. Lakukan gerakan bibir ke arah depan, ke kiri dan kanan, serta ke atas untuk melenturkan bibir.

Ketiga tips gerakan relaksasi senam wajah ibu hamil tersebut dapat Moms lakukan kapanpun ketika Moms ada waktu luang di luar aktivitas untuk mendapatkan kesan rileks pada bagian wajah Moms.

Tidak hanya itu, Moms dapat lakukan gerakan memijat secara lembut akan membantu dalam melancarkan sirkulasi darah pada wajah. Membantu mengencangkan kembali kulit wajah terutama di bagian pipi serta menghindari munculnya kerutan pada dahi dan sudut mata ibu hamil.

Bahkan senam wajah dapat Moms lakukan selama kehamilan yaitu ketika bangun tidur. Hal ini untuk mengatasi lelah akibat gangguan saat tidur malam hari. Relaksasi senam wajah ibu hamil ini terbilang mudah untuk dilakukan dan dapat Moms kembangkan sendiri gerakannya. Senam wajah tidak akan membawa dampak apapun bagi ibu dan janin dalam kandungan, berapapun usia kehamilannya.