Tips Merawat Mata Si Kecil yang Baru Lahir

Merries Insight
15 April 2016
Umum
Share
Tips Merawat Mata Si Kecil yang Baru Lahir

Cara merawat si kecil yang baru lahir merupakan sesuatu yang kadang sulit dilakukan, apalagi jika ini merupakan kelahiran pertama. Padahal bila si kecil tidak mendapatkan perawatan dengan benar dan tidak dijaga kebersihannya, tubuhnya akan sangat rentan terkena berbagai macam penyakit yang dapat berbahaya bagi kesehatan si kecil.

Perawatan tersebut harus dilakukan dengan teliti dan diimbangi dengan pengetahuan yang cukup. Jadi ketika Moms harus merawat si kecil yang baru lahir seorang diri, Moms tidak akan merasa panik atau bingung. Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan Moms pada si kecil yang baru lahir dan wajib untuk selalu dijaga kebersihannya adalah mata. Perawatan mata si kecil sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya hal–hal yang buruk.

Di bagian mata, ada sumber air mata yang tepat berada di atas mata. Menurut hasil penelitian sebelumnya, sudah dibuktikan bahwa sumber air mata memproduksi air mata setiap 3 detik. Air mata tersebut akan mengalir ke saluran di ujung tengah mata di dekat hidung.

Pada bagian mata si kecil yang baru lahir, karena mereka selama di dalam rahim belum pernah menangis, sumber air matanya masih belum diproduksi. Hal ini membuat saluran air mata si kecil masih tertutup. Kadang – kadang mata si kecil terbuka kemudian menutup lagi. Hasilnya air mata yang seharusnya telah mengalir justru tergenang.

Tidak dipungkiri bahwa air mata yang diproduksi oleh sumber air mata mempunyai sifat aneh. Pasalnya setelah dikeluarkan, air mata akan berperan sebagai pembunuh kuman penyakit selama beberapa menit. Tetapi setelah beberapa menit, air mata tersebut sudah tidak mampu lagi membunuh kuman. Sebaliknya keberadaan air mata tersebut akan menjadi makanan untuk kuman penyakit.

Jika air mata si kecil tidak bisa keluar atau sekedar tergenang, hal ini dapat menyebabkan kuman penyakit tumbuh dan pada akhirnya muncul kotoran mata atau tahi mata. Tahi mata tersebut dapat membahayakan bagian kornea mata si kecil yang baru lahir.

Untuk menghindari terjadinya penumpukan kotoran mata pada si kecil baru lahir, Moms dapat melakukan beberapa tips perawatan mata berikut ini

  • Lakukan pemijatan di area sudut mata. Caranya cukup gunakan jari yang kukunya tidak panjang atau cotton buds yang sebelumnya sudah dibasahi air matang
  • Pijat lembut sudut mata si kecil ka arah hidung dan kea rah bawah. Lakukan pemijatan ini selama 5 sampai 10 kali. Pemijatan ini dapat dilakukan 2 minggu sekali. Biasanya setelah Moms melakukan pemijatan, saluran air mata si kecil sudah dapat terbuka secara permanen dan berfungsi dengan normal
  • Untuk membersihkan tahi mata pada si kecil, Moms dapat menggunakan kapas bulat steril yang sudah dibasahi air matang. Sebaiknya gunakan kapas berbeda untuk setiap mata

Demikian beberapa tips merawat mata si kecil baru lahir. Bila tahi mata tidak kunjung hilang walaupun sudah dibersihkan, Moms sebaiknya segera membawanya ke dokter. Pasalnya, mungkin saja mata si kecil sedang terinfeksi kuman.